RPP Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Kelas 7 Tujuh - Genap 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
KURIKULUM MERDEKA
Sekolah : MTsS Gresik Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VII
/ 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD
: 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 1 |
||
Materi |
: |
العنوان يوميات الأسرة ؛ البيت ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
menyimak (الاستماع)
العنوان |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Keterampilan
menyimak (الاستماع) العنوان
|
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
menyimak (الاستماع)
العنوان |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan menyimak (الاستماع) العنوان Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs Negeri
Gresik Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VII
/ 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD
: 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 2 |
||
Materi |
: |
العنوان يوميات الأسرة ؛ البيت ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
Menyimak dan berbicara (الحوار)
العنوان |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
Menyimak dan berbicara (الحوار)
العنوان
|
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
Menyimak dan berbicara (الحوار)
العنوان |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menyimak dan
berbicara (الحوار) العنوان
Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs Negeri
Gresik Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VII
/ 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD
: 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 3 |
||
Materi |
: |
العنوان يوميات الأسرة ؛ البيت ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan
dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
membaca (القراءة) العنوان |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
membaca (القراءة) العنوان |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
membaca (القراءة) العنوان
|
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan membaca (القراءة) العنوان Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs Negeri
Gresik Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VII
/ 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD
: 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 4 |
||
Materi |
: |
العنوان يوميات الأسرة ؛ البيت ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan
dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
Menulis (الكتابة) العنوان |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
Menulis (الكتابة) العنوان |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
Menulis (الكتابة) العنوان |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menulis (الكتابة) العنوان Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||