Materi Kemampuan Membaca || Arab Indonesia

 Materi kemampuan membaca bahasa arab yang saat ini gudang arab datangkan adalah tema Ambisi adalah jebakan..silahkan di manfaatkan untuk siswa siswinya

ٌالطُّمُوْحُ مَصِيْدَة

 (Ambisi Adalah Jebakan)

ذهـبَ صديقـانِ ليصطـادَا الأسمـاكَ، فاصطـادَ أحدهمـا سمكـةً كبيـرةً، فوضعهـا في حقيبتـه، ونهـَضَ لينصـرف، فسـأله الآخـر: إلـى أيـن تذهب؟! فأجـابه الصّديـق: إلى البيـت، فقد اصطـدت سمكـةً كبيـرةً جدّاً تكفينـي، فـردّ الرّجـل: انتظـر لتصطـاد المزيـد من الأسمـاك الكبيـرة مثلـي، فسألـه صديقـه: ولمـاذا أفعـل ذلك؟ فـردّ الرّجـل: عندمـا تصطـاد أكثـر من سمكـة يمكنـك أن تبيعهـا، فسألـه صديقـه: ولمـاذا أفعـل هـذا؟ قال لـه: كي تحصـل على المزيـد من المـال، فسألـه صديقـه: ولمـاذا أفعـل ذلك؟ فـردّ الرّجـل: يمكنـك أن تدّخـره وتزيـد من رصيـدك في البنـك، فسألـه: ولمـاذا أفعـل ذلك؟ فـردّ الرّجـل: لكـي تصبـح ثريّـاً، فسألـه الصّديـق: ومـاذا سأفعـل بالثّـراء؟ فـردّ الرّجـل: تستطيـع في يـوم من الأيّـام عندمـا تكبـر أن تستمتـع بوقتـك مع أولادك وزوجتـك، فقـال له الصّديـق العاقـل: هذا هو بالضبـط ما أفعلـه الآن، ولا أريـد تأجيلـه حتّى أكبـر، ويضيـع العمـر!.

Diceritakan suatu hari ada dua sahabat berangkat untuk menangkap ikan, salah satu dari mereka mendapatkan ikan yang besar, lalu ia memasukkannya ke dalam kantongnya.

Ia lalu bangkit hendak pulang, salah satu sahabatnya lagi berkata: “Mau kemana?” sahabat tadi menjawab: “Mau pulang ke rumah, aku sudah menangkap ikan yang sangat besar, itu sudah cukup bagiku.”

Sahabat yang satunya lagi membalas: “Tunggulah, tangkap ikan lagi! agar menangkap ikan yang lebih besar seukuranku.”

Sahabat tadi bertanya: “Kenapa aku harus melakukan itu?”

Sahabat satunya lagi menjawab: “Supaya kau menghasilkan harta yang banyak.”

Sahabat tadi bertanya: “Kenapa aku harus melakukan itu?”

Sahabat satunya lagi menjawab: “Supaya kau dapat menyimpan uang yang banyak di bank.”

Sahabat tadi bertanya: “Kenapa aku harus melakukan itu?”

satunya lagi menjawab: “Agar kaya.”

Sahabat tadi bertanya lagi: “Dan apa yang akan aku lakukan dengan kekayaan?”

Sahabat satunya lagi menjawab: “Suatu hari tatkala kau tumbuh besar kau dapat menikmati waktu bersama anak-anak dan isterimu.”

Sahabat yang bijak tadi membalas: “Itulah yang aku lakukan sekarang, aku tak ingin menundanya sampai aku tua dan menyia-nyiakan umurku!”.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url