Silabus Bahasa Arab kelas VIII Kurikulum K13 Revisi
SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 1 (Satu)/Ganjil
Kompetensi Inti :
KI-1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
KI-3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
KI-4
|
:
|
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut
pandang/teori.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1 Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
|
Afektif:
|
· Pengamatan
· Penilaian
diri
· Penilaian antar teman
· Jurnal
|
12
JP
|
-
Buku paket Bahasa Arab kealas
VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa arab
-
Benda-benda dilingkungan
peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar yang sesuai tema
/ topik
-
Internet / VCD
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya
diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaian antar teman
· Jurnal
|
||||
3.1 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
الساعة
baik secara lisan maupun tertulis
|
-
Mufradat, hiwar,
qira’ah dan kitabah tentang
الساعة
-
Pengenalan tarkib sebagai berikut:
أسئلة
عن الساعة؛ الجملة الاسمية؛
|
Mengamati :
·
Mengamati
pelafalan kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
·
Menirukan
pelafalan kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
·
Menyimak
wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Memperhatikan struktur kalimat-kalimat dalam isi teks lisan sesuai
konteks.
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran kata
terkait topik tentang “jam” dengan tepat
·
Mengamati teks
yang terdapat pertanyaan-pertanyaan tentang “jam” dan jumlah ismiyah
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana terkait topik
tentang “jam”.
·
Melakukan
dialog (hiwar) terkait topik tentang
“jam”.
·
Menceritakan
keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada
teman atau guru terkait topik tentang
“jam” secara lisan
·
Menanyakan tentang jumlah ismiyah yang belum
difahami
Mengeksplorasi:
·
Melafalkan kata/frase/kalimat terkait topik tentang “jam” sesuai yang
diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film
· Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata,
frase dan
kalimat yang diperdengarkan.
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat
dalam isi teks lisan terkait topik tentang “jam”.
·
Melafalkan kata/frase/kalimat yang mengandung struktur kalimat yang
menanyakan jam dan jumlah ismiyah.
·
Menentukan isi
wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·
Merangkaikan kata/frase/kalimat yang mengandung struktur kalimat sesuai
dengan kaidah tentang “jam”dan jumlah ismiyah.
·
Menentukan struktur jumlah ismiyah
tentang “jam” dan jumlah ismiyah
·
Mencoba
mengungkapkan dan memahami kata/frase/kalimat yang terdapat dari buku teks, majalah,
maupun internet sesuai dengan
kaidah jumlah ismiyah.
.
Mengasosiasikan:
·
Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar
terkait topik tentang
“jam”.
·
Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih,
meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang
Arab dengan orang Indonesia.
·
Menemukan makna kata dalam teks terkait topik
tentang “jam”
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik tentang “jam”
·
Membedakan penggunakan kata untuk mubtada’ dan khabar
·
Mencari informasi umum terkait topik tentang
“jam” dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks terkait topik
tentang “jam”
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik tentang “jam”.
Mengkomunikasikan:
· Memperagakan
sesuai dengan kata, frase dan kalimat yang
diperdengarkan.
·
Menyampaikan
isi wacana tulis terkait topik tentang
“jam” secara
lisan atau tulisan
·
Menjelaskan
isi wacana yang dipertanyakan terkait topik tentang “jam” secara
lisan atau tulisan.
·
Menjelaskan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·
Menyusun
kata/frase yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan
kaidah tentang jumlah ismiyah
·
Menyusun
karangan sederhana terkait topik tentang
“jam”.
|
Bentuk Penilaian
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
||
4.1
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik
الساعة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
|
Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
1.2 Meyakini adanya motivasi internal
(intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa
Arab
|
Afektif:
-
Guru memotifasi untuk
berbicara bahasa Arab
-
Guru menanamkan
sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab.
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
12
JP
|
-
Buku paket
Bahasa Arab kealas VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa
arab
-
Benda-benda
dilingkungan peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar
yang sesuai tema / topik
-
Internet / VCD
-
|
|
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
||||
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata,
frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan
dengan topik :
يومياتنا في المدرسة
baik secara lisan maupun tertulis
|
-
Mufradat, hiwar,
qira’ah dan kitabah tentang
يومياتنا في المدرسة
-
Pengenalan tarkib sebagai berikut:
الجملة الفعلية والفاعل المفرد؛ المفعول به
|
Mengamati :
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dengan kosa kata/mufrodat yang
didengar.
·
Mengamati teks yang terdapat dalam bacaan “keseharian kita di
madrasah” yang berkaitan dengan struktur jumlah
fi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih.
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik “keseharian kita di
madrasah” .
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah”.
·
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru
sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah”secara lisan.
Mengeksplorasi:
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film.
·
Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah jumlah
fi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih..
·
Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah jumlah fi’liyah dan fa’il mufrad dan
maf’ul bih.
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah yang dipelajari.
Mengasosiasikan:
· Membandingkan antara kalimat jumlah fi’liyah dan fa’il
mufrad dan maf’ul bih.terkait topik yang dipelajari.
·
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
“keseharian kita di
madrasah”
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik “keseharian kita di
madrasah”
·
Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
·
Mencari informasi umum/tema/topik “keseharian kita di
madrasah” dari suatu wacana
lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks tentang topik “keseharian kita di
madrasah”
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan:
·
Mengungkapkan perintah dan berita
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik “keseharian kita di
madrasah” secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi
kalimat sesuai dengan kaidah jumlah fi’liyah dan fa’il mufrad dan
maf’ul bih..
·
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik “keseharian kita di
madrasah” sesuai kaidah jumlah fi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih..
·
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara
lisan maupun tulisan.
Menghafal
kosa kata baru sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah”
|
Bentuk Penilaian
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
||
4.2
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik
يومياتنا في المدرسة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
|
Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai
anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
Afektif:
-
Guru membiasakan sikap amanah
-
Guru memotifasi untuk
berbicara menggunakan bahasa arab
|
· Pengamatan
· Penilaian
diri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
12
JP
|
-
Buku paket
Bahasa Arab kealas VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa
arab
-
Benda-benda
dilingkungan peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar
yang sesuai tema / topik
-
Internet / VCD
-
|
|
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab
dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan
pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
||||
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata,
frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik :
يومياتنا في البيت
baik secara lisan maupun tertulis
|
-
Mufradat, hiwar,
qira’ah dan kitabah tentang
يومياتنا
في البيت
- Pengenalan tarkib
sebagai berikut:
الجملتان وأنواع الجمع
|
Mengamati :
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·
Mengamati teks yang terdapat dalam bacaan “keseharian
kita di rumah”
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik “keseharian kita di rumah” yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan terkait topik “keseharian kita di rumah”.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara
sesuai tema/topik “keseharian
kita di rumah”.
·
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru
sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” secara lisan.
Mengeksplorasi:
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·
Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “jumlah
ismiyah dan fi’liyah dan macam-macam dhamir jamak”.
·
Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah “jumlah ismiyah
dan fi’liyah dan macam-macam dhamir jamak”.
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah kaidah
“jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam-macam dhamir jamak”.
Mengasosiasikan:
· Membandingkan antara jumlah
ismiyah dan jumlah fi’liyah terkait topik yang dipelajari.
·
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
“keseharian kita di rumah” yang dipelajari
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik “keseharian kita di rumah” yang dipelajari
·
Membedakan penggunakan kata untuk mu’anats dan mudzakkar
·
Mencari informasi umum/tema/topik “keseharian kita di rumah” dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan:
·
Mengungkapkan perintah dan berita
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah kaidah “jumlah ismiyah
dan fi’liyah dan macam-macam dhamir jamak”.
·
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah”
sesuai kaidah yang dipelajari.
·
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” secara lisan maupun tulisan.
·
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
“keseharian kita di rumah”
|
Bentuk Penilaian
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
||
4.3
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik
يومياتنا في البيت
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
|
Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 2 (Dua)/Genap
Kompetensi Inti :
KI-1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
KI-3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI-4
|
:
|
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1 Menyadari pentingnya
kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
|
Afektif:
·
Guru membiasakan peserta didik
agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa
Arab
·
Guru memotivasi peserta didik
untuk jujur dan percaya diri .
|
· Pengamatan
(observasi)
· Penilaian
diri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
12
JP
|
-
Buku paket Bahasa Arab kealas
VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa arab
-
Benda-benda dilingkungan
peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar yang sesuai tema
/ topik
-
Internet / VCD
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya
diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
||||
3.1 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :
المهنة والمهنيون الرياضيون
baik secara lisan maupun tertulis
|
-
Mufradat, hiwar, qira’ah dan kitabah tentang
المهنة والمهنيون الرياضيون
-
Pengenalan tarkib sebagai berikut:
(أن–لن–لِـ) + فعل مضارع؛
|
Mengamati :
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·
Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik “profesi dan olahragawan”
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan terkait topik “profesi dan olahragawan”.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara terkait topik “profesi dan olahragawan”.
·
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru
terkait topik “profesi dan olahragawan”secara lisan.
Mengeksplorasi:
·
Melafalkan kata, frase atau
kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film terkait topik “profesi dan olahragawan”.
·
Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf
yang menashab fiil mudlari’”.
·
Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah “huruf yang menashab fiil mudlari’”
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah “huruf yang menashab fiil mudlari’”.
Mengasosiasikan:
· Membandingkan antara kalimat “huruf yang menashab fi’il mudlari’”terkait topik “profesi dan olahragawan”.
·
Menemukan makna kata dalam teks terkait topik
“profesi dan olahragawan”
·
Membedakan penggunakan kata “huruf
yang menashab fi’il
mudlari’”
·
Mencari informasi umum terkait topik “profesi dan
olahragawan”dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks terkait topik “profesi dan olahragawan”
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik “profesi dan olahragawan”.
Mengkomunikasikan:
·
Mengungkapkan perintah dan berita terkait topik “profesi
dan olahragawan”
·
Menyampaikan isi wacana tulis terkait topik
“profesi dan olahragawan”secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf yang menashabk fiil mudlari’”.
·
Menyusun karangan sederhana terkait topik
“profesi dan olahragawan” sesuai kaidah “huruf yang menashab f’iil mudlari’”.
·
Menyampaikan isi wacana terkait topik “profesi
dan olahragawan” secara lisan maupun tulisan.
·
Menghafal kosa kata baru terkait topik “profesi dan olahragawan”
|
Bentuk Penilaian
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
||
4.1
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik
المهنة والمهنيون الرياضيون
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
|
Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
1.2 Meyakini adanya motivasi internal
(intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa
Arab
|
Afektif:
1.
Guru memotifasi untuk
berbicara bahasa Arab
2.
Guru menanamkan
sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab.
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
12
JP
|
-
Buku paket Bahasa Arab kealas
VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa arab
-
Benda-benda dilingkungan
peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar yang sesuai tema
/ topik
-
Internet / VCD
|
|
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan
kemampuan berbahasa
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
||||
3.2 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata,
frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan
dengan topik :
المهنة الطبية
baik secara lisan maupun tertulis
|
-
Mufradat, hiwar, qira’ah dan kitabah tentang
المهنة الطبية
-
Pengenalan tarkib sebagai berikut:
الفعل الماضي والجملة الفعلية
|
Mengamati :
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·
Mengamati teks yang terdapat jumlah fi’liyah
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana terkait topik “profesi
kedokteran” yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan terkait topik “profesi kedokteran”.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara terkait topik “profesi kedokteran”
·
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru
terkait topik “profesi kedokteran” secara lisan.
Mengeksplorasi:
·
Melafalkan kata, frase atau
kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film.
·
Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah fiil madli dan jumlah fi’liyah.
·
Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah fiil madli dan jumlah fi’liyah
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah fiil madli dan jumlah fi’liyah.
Mengasosiasikan:
· Membandingkan antara fiil madli dan
jumlah fi’liyah terkait topik “profesi
kedokteran”
·
Menemukan makna kata dalam teks terkait “profesi
kedokteran”
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik “profesi kedokteran”
·
Membedakan penggunakan kata untuk fiil madli dan
jumlah fi’liyah
·
Mencari informasi umum terkait “profesi
kedokteran” dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks terkait “profesi kedokteran”
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik “profesi kedokteran”
Mengkomunikasikan:
·
Mengungkapkan perintah dan berita terkait “profesi
kedokteran”
·
Menyampaikan isi wacana tulis terkait topik “profesi
kedokteran” secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari.
·
Menyusun karangan sederhana terkait topik “profesi
kedokteran” sesuai kaidah yang
dipelajari.
·
Menyampaikan isi wacana terkait topik “profesi
kedokteran” secara lisan maupun
tulisan.
·
Menghafal kosa kata baru terkait topik “profesi kedokteran”
|
Bentuk Penilaian
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
||
4.2
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik
المهنة الطبية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
|
Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai
anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
Afektif:
1.
Guru membiasakan sikap amanah
2.
Guru memotifasi untuk
berbicara menggunakan bahasa arab
|
· Pengamatan
· Penilaian
diri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
12
JP
|
-
Buku paket Bahasa Arab kealas
VII Kurma 13.
-
Kamus bahasa arab
-
Benda-benda dilingkungan
peserta didik yang terjangkau
-
Gambar-gambar yang sesuai tema
/ topik
-
Internet / VCD
|
|
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab
dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan
pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaian
antar teman
· Jurnal
|
||||
3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata,
frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan
dengan topik :
عيادة المرضى
baik secara lisan maupun tertulis
|
-
Mufradat, hiwar, qira’ah dan kitabah tentang
عيادة المرضى
-
Pengenalan tarkib sebagai berikut:
المصدر الصريح
|
Mengamati :
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·
Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana terkait tema “menjenguk
orang sakit” yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan terkait tema “menjenguk orang sakit”
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara terkait tema “menjenguk orang sakit”
·
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru
terkait tema “menjenguk orang sakit” secara lisan.
Mengeksplorasi:
·
Melafalkan kata, frase atau
kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan
guru/kaset/film.
·
Merangkaikan kata menjadi kalimat terkait “menjenguk orang
sakit” sesuai dengan kaidah mashdar sharih.
·
Menyusun kata, dan kalimat terkait tema “menjenguk
orang sakit” sederhana sesuai kaidah mashdar sharih
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan terkait tema “menjenguk orang sakit”
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah mashdar sharih.
Mengasosiasikan:
· Membandingkan antara kalimat mashdar sharih terkait tema “menjenguk orang sakit”
·
Menemukan makna kata dalam teks terkait tema “menjenguk
orang sakit”
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait tema “menjenguk orang sakit”
·
Membedakan penggunakan kata mashdar
sharih
·
Mencari informasi umum terkait tema “menjenguk
orang sakit” dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks terkait tema “menjenguk
orang sakit”
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait tema “menjenguk orang sakit”
Mengkomunikasikan:
·
Mengungkapkan perintah dan berita terkait “menjenguk orang
sakit”
·
Menyampaikan isi wacana tulis terkait tema “menjenguk
orang sakit” secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mashdar sharih.
·
Menyusun karangan sederhana terkait tema “menjenguk
orang sakit” sesuai kaidah mashdar sharih.
·
Menyampaikan isi wacana terkait tema “menjenguk
orang sakit” secara lisan maupun tulisan.
·
Menghafal kosa kata baru terkait tema “menjenguk orang sakit”
|
Bentuk Penilaian
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
||
4.3
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang topik
عيادة المرضى
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
|
Bentuk Penilaian
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|