Silabus Bahasa Arab kelas IX kurikulum K13 Asli
SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :Bahasa Arab
Kelas : IX (sembilan)
Semester : Satu / Ganjil
Kompetensi Inti :
KI
1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
KI
3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut
pandang/teori
|
KompetensiDasar
|
MateriPembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
SumberBelajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1 Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
|
·
Pembiasaan peserta didik untuk jujur dan
percaya diri
|
·
Guru
membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan
bahasa Arab
·
Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan
percaya diri
· Mengamati pelafalan kata,
frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
· Menirukan pelafalan
kata, frasa dan kalimat bahasa
Arab yang diperdengarkan
· Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan
pelafalan dan intonasinya.
·
Memperhatikanstruktur kalimat-kalimat yang mengandungتصريف الفعل الماضي
dalam isi teks lisan sesuai
konteks.
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks
tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·
Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada
gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Menanyakan kata/kalimat
yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan sesuai struktur kalimat yang
dipelajari
·
Melafalkan materi tentang topik yang
diperdengarkan sesuai model ucapan
·
guru/kaset/film
·
Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi
kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang
struktur kalimat dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·
Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung
struktur kalimat تصريف الفعل الماضي
·
Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara
perorangan maupun berkelompok.
·
Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung
struktur kalimat sesuai dengan kaidah.
·
Menentukan struktur kalimat tentang تصريف الفعل الماضي
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata/frase/kalimat yang terdapat dari buku teks, majalah,
maupun internet sesuai dengan kaidah..
·
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
yang dipelajari
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik yang dipelajari
·
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·
Memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan
kalimat yang diperdengarkan.
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan
·
Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai
tema/topik secara lisan atau tulisan.
· Menyusun kata/frasa yang
tersedia menjadi kalimat
· Menyusun karangan
sederhana sesuai tema/topik yang menggunakan Tashrif Fi’il Madli
|
·
Pengamatan
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar teman
·
Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit)
|
·
Buku paket kemenag kelas IX semester 1 Kurma
13.
·
Kamus bahasa arab
·
Benda-benda dilingkungan peserta didik yang
terjangkau
·
Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·
CD/VCD/internet
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah
|
·
Pemberian motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
|
||||
3.1 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
رأس السنة الهجرية
baik secara lisan maupun tertulis
|
·
Bacaan tentang topic
رأس السنة الهجرية
·
Pengenalan tarkib
تصريف الفعل الماضي
|
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
|||
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang
topik
رأس السنة الهجرية
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
|
|
|
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa Arab
|
·
Pemberian motifasi untuk berbicara bahasa Arab
|
·
Guru memotifasi untuk berbicara bahasa Arab
·
Guru menanamkan sikap rajin, disiplin, dan
tanggungjawab.
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dengan kosa kata / mufrodat
yang didengar.
·
Mengamati teks yangberkaitan denganكان و اسمها و خبرها
المفرد
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik.
·
Menanyakan
kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai
tema/topik secara lisan.
·
Melafalkan kalimat yang diperdengarkan sesuai
model ucapan guru/kaset/film.
·
Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan
kaidah
·
Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah yang dipelajari.
·
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
yang dipelajari
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik yang dipelajari
·
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks
·
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·
Mengungkapkan kalimat yang berkaitan dengan kaidah كان و اسمها و خبرها
المفرد
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat
sesuai dengan kaidah yang dipelajari.
·
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara
lisan maupun tulisan.
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaianantarteman
· Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit
|
·
Buku paket kemenag kelas IX semester I Kurma
13.
·
Kamus bahasa arab
·
Benda-benda dilingkungan peserta didik yang
terjangkau
·
Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·
CD/VCD/internet
|
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
|
·
Penanaman sikap rajin, disiplin, dan tanggung
jawab
|
||||
3.2 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
الحفل بمولد الرسول
baik secara lisan maupun tertulis
|
·
Bacaan tentang topik
الحفل
بمولد الرسول
·
Pengenalan tarkib
كان
و اسمها و خبرها المفرد
|
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
|||
4.2 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
الحفل بمولد الرسول
dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
|
|
|
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah
keislaman
|
·
Pembiasaan sikap amanah
|
·
Guru memotivasi siswa untuk membiasakan sikap amanah
·
Guru memotivasi untuk berbicara
menggunakan bahasa arab
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·
Mengamati teks yang berkaitan dengan لا الناهية, لم + الفعل المضارع
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik.
·
Menanyakan
kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai
tema/topik secara lisan.
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
·
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah yang dipelajari.
·
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
yang dipelajari
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik yang dipelajari
·
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·
Mengungkapkan kalimat larangan dan kalimat yang bemakna “belum”
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat
sesuai dengan kaidah yang dpelajari.
·
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara
lisan maupun tulisan.
|
· Pengamatan
· Penilaian
diri
· Penilaianantarteman
· Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit
|
·
Buku paket kemenag kelas IX semester 1 Kurma 13.
·
Kamus bahasa arab
·
Benda-benda dilingkungan peserta didik yang
terjangkau
·
Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·
CD/VCD/internet
|
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
·
Penanaman kesadaran untuk bicara dengan
menggunakan bahasa Arab
|
||||
3.3 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
نزول القرآن
baik secara lisan maupun tertulis
|
·
Bacaan tentang topik
نزول
القرآن
·
Pengenalan tarkib
لا
الناهية, لم + الفعل المضارع
|
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
|
|
|
4.3 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
نزول القرآن
dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
|
||
1.4 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan
pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
·
Pembiasaan sikap amanah
|
·
Guru memotivasi siswa untuk membiasakan sikap amanah
·
Guru memotivasi untuk berbicara
menggunakan bahasa arab
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
· Mengamati teks yang terdapat di dalamnya
المجرد
و المزيد من الفعل الثلاثي
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik.
·
Menanyakan
kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai
tema/topik secara lisan.
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah yang dipelajari.
·
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
yang dipelajari
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik yang dipelajari
·
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·
Mengungkapkan perintah dan berita
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat
sesuai dengan kaidah yang dipelajari.
·
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara
lisan maupun tulisan.
|
·
Pengamatan
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar teman
·
Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit
|
· Buku paket kemenag kelas
IX semester 1 Kurma 13.
· Kamus bahasa arab
· Benda-benda dilingkungan
peserta didik yang terjangkau
· Gambar-gambar yang sesuai
tema / topic
· CD/VCD/internet
|
2.4 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa
Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji
hazanah keislaman
|
·
Penanaman kesadaran untuk bicara dengan
menggunakan bahasa Arab
|
|
|||
3.4 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
العيدين
baik secara lisan maupun tertulis
|
·
Bacaan tentang topik
العيدين
·
Pengenalan tarkib
المجرد
و المزيد من الفعل الثلاثي
|
·
Tes tulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
|
|
|
4.4 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana
tentang topik
العيدين
denganmemperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
|
·
Praktek
·
Proyek
·
Unjuk Kerja
·
Portofolio
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan : Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas :
IX (sembilan)
Semester :
Dua / Genap
Kompetensi Inti :
KI
1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
KI
3
|
:
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut
pandang/teori
|
KompetensiDasar
|
MateriPembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
SumberBelajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1 Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
|
·
Pembiasaan peserta didik untuk jujur dan
percaya diri
|
·
Guru
membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan
bahasa Arab
· Mengamati pelafalan kata,
frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
· Menirukan pelafalan
kata, frasa dan kalimat bahasa
Arab yang diperdengarkan
· Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan
pelafalan dan intonasinya.
·
Memperhatikanstruktur kalimat-kalimat yang mengandungفعل الأمرdalam isi teks lisan sesuai
konteks.
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks
tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·
Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada
gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Menanyakan kata/kalimat
yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan sesuai struktur kalimat yang
dipelajari
·
Melafalkan materi tentang topik yang
diperdengarkan sesuai model ucapan
guru/kaset/film
·
Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi
kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
·
Mencari dari berbagai sumber informasi tentang
struktur kalimat dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·
Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung
struktur kalimat.
·
Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara
perorangan maupun berkelompok.
·
Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung
struktur kalimat sesuai dengan kaidah.
·
Menentukan struktur kalimat tentang فعل الأمر
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata/frase/kalimat yang terdapat dari buku teks, majalah,
maupun internet sesuai dengan kaidah..
·
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
yang dipelajari
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait
topik yang dipelajari
·
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·
Memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan
kalimat yang diperdengarkan.
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan
·
Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai
tema/topik secara lisan atau tulisan.
· Menyusun kata/frasa yang
tersedia menjadi kalimat
·
Menyusun karangan sederhana tentang sesuai tema/topik.
|
·
Pengamatan
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar teman
·
Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit
|
·
Buku paket kemenag kelas IX semester 2 Kurma
13.
·
Kamus bahasa arab
·
Benda-benda dilingkungan peserta didik yang
terjangkau
·
Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·
CD/VCD/internet
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah
|
·
Pemberian motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
|
||||
3.1 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
جمال الطبيعة
baik secara lisan maupun tertulis
|
·
Bacaan tentang topik
جمال
الطبيعة
·
Pengenalan tarkib
فعل
الأمر
|
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
|||
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang
topik
جمال الطبيعة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
||||
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa Arab
|
·
Pemberian motivasi untuk berbicara bahasa Arab
|
·
Guru memotivasi untuk berbicara bahasa
Arab
·
Guru menanamkan sikap rajin, disiplin, dan
tanggungjawab.
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dengan kosa kata / mufrodat
yang didengar.
·
Mengamati teks yang mengandung
اسم الموصول
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik.
·
Menanyakan
kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai
tema/topik secara lisan.
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah yang dipelajari.
·
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
yang dipelajari
·
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik yang dipelajari
·
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata dalam teks
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·
Mengungkapkan kalimat yang mengandung اسم الموصول
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat
sesuai dengan kaidah yang dpelajari.
·
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topikdan kaidah yang dipelajari.
·
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara
lisan maupun tulisan.
|
· Pengamatan
· Penilaiandiri
· Penilaianantarteman
· Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit
|
·
Buku paket kemenag kelas IX semester 2 Kurma 13.
·
Kamus bahasa arab
·
Benda-benda dilingkungan peserta didik yang
terjangkau
·
Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·
CD/VCD/internet
|
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
|
·
Penanaman sikap rajin, disiplin, dan tanggung
jawab
|
||||
3.2 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
خالق العالم
baik secara lisan maupun tertulis
|
·
Bacaan tentang topik
خالق
العالم
·
Pengenalan tarkib
اسم الموصول
|
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
|||
4.2 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
خالق العالم
dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|
|
|
|
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah
keislaman
|
·
Pembiasaan sikap amanah
|
·
Guru memotivasi siswa untuk membiasakan sikap amanah
·
Guru memotivasi untuk berbicara
menggunakan bahasa arab
·
Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
·
Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil memperhatikan model
guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·
Mengamati teks yang terdapat اسم التتفضيل di dalamnya
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara
tertulis/lisan.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan
bicara sesuai tema/topik.
·
Menanyakan
kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai
tema/topik secara lisan.
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·
Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·
Melafalkan kalimat sesuai dengan yang
diperdengarkan.
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang
menggunakan kaidah yang dipelajari.
·
Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
yang dipelajari
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan
terkait topik yang dipelajari
·
Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu
wacana lisan/tulisan.
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·
Mengungkapkan perintah dan berita
·
Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat
sesuai dengan kaidah yang dpelajari.
·
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·
Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara
lisan maupun tulisan.
|
· Pengamatan
· Penilaian
diri
· Penilaianantarteman
· Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit
|
·
Buku paket kemenag kelas IX semester 2 Kurma 13.
·
Kamus bahasa arab
·
Benda-benda dilingkungan peserta didik yang
terjangkau
·
Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·
CD/VCD/internet
|
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
·
Penanaman kesadaran untuk bicara dengan
menggunakan bahasa Arab
|
||||
3.3 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
الحفاظ على البيئة
baik secara lisan maupun tertulis
|
·
Bacaan tentang topik
الحفاظ
على البيئة
·
Pengenalan tarkib
اسم التتفضيل
|
· Tes
tulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
|
|
|
4.3 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
الحفاظ على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
· Praktek
· Proyek
· Unjuk
Kerja
· Portofolio
|