Silabus Bahasa Arab kelas IX kurikulum K13 Asli



SILABUS PEMBELAJARAN


SatuanPendidikan     : Madrasah Tsanawiyah  (MTs)
Mata Pelajaran          :Bahasa Arab
Kelas                                  : IX (sembilan)
Semester                          :  Satu / Ganjil

Kompetensi Inti         :

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

KompetensiDasar
MateriPembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
SumberBelajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1   Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
·   Pembiasaan peserta didik untuk jujur dan percaya diri
·   Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·   Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
·   Mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
·   Menirukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan
·   Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·      Memperhatikanstruktur kalimat-kalimat yang mengandungتصريف الفعل الماضي
dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·   Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·   Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan sesuai struktur kalimat yang dipelajari
·   Melafalkan materi tentang topik yang diperdengarkan sesuai model ucapan
·   guru/kaset/film
·   Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
·   Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·         Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat تصريف الفعل الماضي
·   Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·   Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat sesuai dengan kaidah.
· Menentukan struktur kalimat tentang تصريف الفعل الماضي
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami  kata/frase/kalimat  yang terdapat dari buku teks, majalah, maupun internet sesuai dengan kaidah..
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menemukan makna kata dalam teks
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.         
·   Memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·   Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat
·   Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik yang menggunakan Tashrif Fi’il Madli

·   Pengamatan
·   Penilaian diri
·   Penilaian antar teman
·   Jurnal

3 JTM
(6X40 menit)
·   Buku paket kemenag kelas IX semester 1 Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·   CD/VCD/internet
2.1   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
·   Pemberian motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
3.1   Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
رأس السنة الهجرية
baik secara lisan maupun tertulis

·   Bacaan tentang topic
رأس السنة الهجرية
·   Pengenalan tarkib
تصريف الفعل الماضي

·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan

4.1   Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio


1.2   Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
·   Pemberian motifasi untuk berbicara bahasa Arab
·   Guru memotifasi untuk berbicara bahasa Arab
·   Guru menanamkan sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab.
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·   Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·   Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·   Mencocokkan gambar dengan kosa kata / mufrodat yang didengar.
· Mengamati teks yangberkaitan denganكان و اسمها و خبرها المفرد
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·   Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·   Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
·   Melafalkan kalimat yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·   Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah
·   Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menemukan makna kata dalam teks
·   Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·   Mengungkapkan kalimat yang berkaitan dengan kaidah كان و اسمها و خبرها المفرد
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari.
·   Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·   Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.

·   Pengamatan
·   Penilaiandiri
·   Penilaianantarteman
·   Jurnal

3 JTM
(6X40 menit
·   Buku paket kemenag kelas IX semester I Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·   CD/VCD/internet
2.2   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
·   Penanaman sikap rajin, disiplin, dan tanggung jawab
3.2   Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
الحفل بمولد الرسول
 baik secara lisan maupun tertulis

·   Bacaan tentang topik
الحفل بمولد الرسول
·   Pengenalan tarkib
كان و اسمها و خبرها المفرد

·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan

4.2   Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
الحفل بمولد الرسول
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks



·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio


1.3   Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
·   Pembiasaan sikap amanah
·   Guru memotivasi siswa untuk membiasakan sikap amanah
·   Guru memotivasi untuk berbicara menggunakan bahasa arab
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·   Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·   Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·   Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
· Mengamati teks yang berkaitan dengan  لا الناهية, لم + الفعل المضارع
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·   Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·   Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
·   Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menemukan makna kata dalam teks
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.         
·   Mengungkapkan kalimat larangan dan kalimat yang bemakna “belum”
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dpelajari.
·   Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·   Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.

·   Pengamatan
·   Penilaian diri
·   Penilaianantarteman
·   Jurnal

3 JTM
(6X40 menit
·   Buku paket kemenag kelas IX semester 1  Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·   CD/VCD/internet
2.3   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
·   Penanaman kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab
3.3   Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
نزول القرآن
 baik secara lisan maupun tertulis

·   Bacaan tentang topik
نزول القرآن
·   Pengenalan tarkib
لا الناهية, لم + الفعل المضارع


·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan



4.3   Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik

نزول القرآن
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio

1.4   Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
·   Pembiasaan sikap amanah
·   Guru memotivasi siswa untuk membiasakan sikap amanah
·   Guru memotivasi untuk berbicara menggunakan bahasa arab
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·   Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·   Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·   Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
· Mengamati teks yang terdapat di dalamnya
المجرد و المزيد من الفعل الثلاثي
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·   Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·   Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·   Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menemukan makna kata dalam teks
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·   Mengungkapkan perintah dan berita
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari.
·   Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·   Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.

·   Pengamatan
·   Penilaian diri
·   Penilaian antar teman
·   Jurnal

3 JTM
(6X40 menit
·   Buku paket kemenag kelas IX semester 1  Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topic
·   CD/VCD/internet
2.4   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
·   Penanaman kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab

3.4   Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
 العيدين
 baik secara lisan maupun tertulis

·   Bacaan tentang topik
العيدين
·   Pengenalan tarkib
المجرد و المزيد من الفعل الثلاثي


·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan



4.4   Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
العيدين
denganmemperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio



SILABUS PEMBELAJARAN

SatuanPendidikan     :  Madrasah Tsanawiyah  (MTs)
Mata Pelajaran          :  Bahasa Arab
Kelas                           : IX (sembilan)
Semester                     :  Dua / Genap
Kompetensi Inti         :

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan  menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

KompetensiDasar
MateriPembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
SumberBelajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1   Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
·   Pembiasaan peserta didik untuk jujur dan percaya diri
·   Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·   Mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
·   Menirukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan
·   Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·   Memperhatikanstruktur kalimat-kalimat yang mengandungفعل الأمرdalam isi teks lisan sesuai konteks.
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·   Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·   Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan sesuai struktur kalimat yang dipelajari
·   Melafalkan materi tentang topik yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film
·   Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
·   Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·   Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat.
·   Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·   Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat sesuai dengan kaidah.
·   Menentukan struktur kalimat tentang فعل الأمر
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami  kata/frase/kalimat  yang terdapat dari buku teks, majalah, maupun internet sesuai dengan kaidah..
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menemukan makna kata dalam teks
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·   Memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·   Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat
·   Menyusun karangan sederhana tentang sesuai tema/topik.
·   Pengamatan
·   Penilaian diri
·   Penilaian antar teman
·   Jurnal
3 JTM
(6X40 menit
·   Buku paket kemenag kelas IX semester 2 Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·   CD/VCD/internet
2.1   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
·   Pemberian motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
3.1   Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
جمال الطبيعة
 baik secara lisan maupun tertulis

·   Bacaan tentang topik
جمال الطبيعة
·   Pengenalan tarkib
فعل الأمر
·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan

4.1     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
جمال الطبيعة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio
1.2   Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
·   Pemberian motivasi untuk berbicara bahasa Arab

·   Guru memotivasi untuk berbicara bahasa Arab
·   Guru menanamkan sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab.
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·   Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·   Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·   Mencocokkan gambar dengan kosa kata / mufrodat yang didengar.
·   Mengamati teks yang mengandung
اسم الموصول
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·   Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·   Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
           
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menemukan makna kata dalam teks
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
· Mengungkapkan kalimat yang mengandung اسم الموصول
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dpelajari.
·   Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topikdan kaidah yang dipelajari.
·   Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.

·   Pengamatan
·   Penilaiandiri
·   Penilaianantarteman
·   Jurnal

3 JTM
(6X40 menit
·   Buku paket kemenag kelas IX semester 2 Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·   CD/VCD/internet
2.2   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
·   Penanaman sikap rajin, disiplin, dan tanggung jawab
3.2   Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
خالق العالم
 baik secara lisan maupun tertulis

·   Bacaan tentang topik
خالق العالم
·   Pengenalan tarkib
اسم الموصول

·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan

4.2     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
خالق العالم
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks



·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio


1.3   Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
·   Pembiasaan sikap amanah
·   Guru memotivasi siswa untuk membiasakan sikap amanah
·   Guru memotivasi untuk berbicara menggunakan bahasa arab
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·   Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·   Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·   Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·   Mengamati teks yang terdapat اسم التتفضيل di dalamnya
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·   Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·   Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·   Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·   Mengungkapkan perintah dan berita
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dpelajari.
·   Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·   Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.

·   Pengamatan
·   Penilaian diri
·   Penilaianantarteman
·   Jurnal

3 JTM
(6X40 menit
·   Buku paket kemenag kelas IX semester 2  Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·   CD/VCD/internet
2.3   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
·   Penanaman kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab
3.3   Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
الحفاظ على البيئة
 baik secara lisan maupun tertulis

·   Bacaan tentang topik
الحفاظ على البيئة
·   Pengenalan tarkib
اسم التتفضيل
·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan



4.3     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
الحفاظ على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio
                                                                       

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url