Hukum Sholat Jum'at di Hari Raya

إذا وافقت الجمعۃ بالعيد سواء كان عيد الفطر
   أم عيد الأضحی فما حكم الجمعۃ؟
Bagaimana Hukum pelaksanaan sholat Jumat yang bertepatan pagi harinya dengan sholat ied Fitri/ Adha

Pertanyaan tersebut sering muncul menjelang hari raya, yang kebetulan terjadi pada hari jum'at. dan tahun ini besar kemungkinan Idul Fitri terjadi pada hari jum'at. para ulama sudah sering mengingatkan dan menjelaskan akan hal ini, namun sepertinya orang orang mudah lupa, ada juga yang tidak lupa namun yang dipakai adalah Pendapat yang pas untuk dirinya, yang paling dianggap mudah, dan tidak memberatkan,  Dalam kitab Bughiyyatul Musytarsyidin Karangan Alhabib Abdurrahman As- seggaf:


dijelaskan bahwa :


Apabila Hari Jumat bertepatan dengan hari raya maka hukum sholat jumat ada 4 Pendapat :

1- MADZHAB SYAFI'I 
Hukumnya tidak wajib jika mereka adalah penduduk desa atau kaum badui (rumahnya jauh dari masjid dan tempat sholat ied) dan mereka keluar dari kota tersebut sebelum zawal al syams (lengsernya matahari/waktu dhuhur)
Hukumnya Wajib jika mereka adalah Ahli al Balad (penduduk kota/daerah) yang rumahnya dekat dengan Masjid atau tempat ibadah.

2- MADZHAB IMAM AHMAD  penduduk kota maupun penduduk desa (jarak dengan masjid atau tempat ibadah) jauh ataupun dekat tidak wajib sholat jumat tapi digantikan dengan Sholat Dzuhur.

3- MADZHAB IMAM ATHA'
Tidak wajib sholat Dzuhur ataupun jumat, tapi langsung sholat Ashar jika waktunya tiba.

4-MADZHAB ABU HANIFAH
Wajib dilakukan dua duanya (Ied dan Jum'at) Secara Mutlak ( Baik jauh maupun dekat)

Dari kitab بغيَّۃُ المسترشِديْنَ Hal 148

Walaupun ada sebagian pendapat imam syafi'i mengatakan boleh, tapi ada syaratnya dan meskipun ada Madzhab  lain yang berpendapat tidak wajib sholat. menurut al faqir janganlah kita ini mencari yang termudah, paling gampang dalam ibadah, ingat :
الاجْرُ علی قدر التعب
Pahala itu disesuaikan dengan tingkat kepayahan kita dalam mengerjakan. wallahu a'lam bil showab.

Dukun. 13 Juni 2018 



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url