Kuttab
MAKALAH
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
H.M.
SAIFULLAH LC. M.Pd.I
KUTTAB
Tempat-tempat
belajar sebelum sekolah didirikan ( sebelum Islam ) ialah di rumah guru, di
bawah pokok, gua-gua dan tempat sembahyang.Tempat belajar ini di panggil Kuttab
iaitu tempat belajar pelajaran rendah asas seperti mengajar membaca dan menulis
huruf-huruf Arab.Orang Makkah yang mula-mula sekali belajar di Kuttab ini ialah
Sufian bin Umaiyah bin Abdi Syam dan Abi Qais bin Abdul Manaf . Mereka ini
belajar sehingga Islam datang iaitu semasa Nabi menerima wahyu dan sepanjang
waktu tersebut ( tahun 571-600 ) hanya 17 orang sahaja yang pandai menulis dan
membaca . Di antara mereka ialah Muawiyah bin Abi Sufian, Zaid bin Harithah,
Othman bin Affan dan Zaid bin Thabit.
Rasulallah s.a.w.
menerima wahyu melalui malaikat Jibril , seorang Nabi yang tidak pandai membaca
dan menulis hanya menghafal wahyu yang diturunkan kemudian di ajarkannya.
Sepanjang ayat Al Quran turun selama 23 tahun, orang-orang yang pandai membaca
dan menulis itu berada di samping nabi untuk mencatit surah-surah tersebut dan
juga mengajar orang lain membaca dan menulis dengan menjadikan ayat Al Quran
sebagai buku teks mereka.
Setelah agama Islam
berkembang maka Kuttab tempat belajar Al Quran dan pokok-pokok agama Islam
diwujudkan, iaitu di akhir abad pertama dan permulaan abad kedua Hijrah. Khusus
untuk mengajar Al Quran, fiqeh Islam dan ilmu-ilmu Al Quran.
Kuttab yang masyhur ialah
kuttab Abul Qasim AlBalkhi, jumlah murid yang belajar disana ialah 3000 orang.
Sewaktu mengajar , dia terpaksa menunggang keldai mundar mandir mengawasi
murid-muridnya. Abad kedua Hijrah dan seterusnya bertambah pesat pertumbuhan
kuttab dan guru-guru Al Quran sehingga setiap kampung mesti ada sebuah kuttab
atau lebih. Kebanyakkan pelajaran-pelajaran yang diajarkan di kuttab-kuttab ini
ialah Al Quran, cerita-cerita orang-orang soleh dan orang-orang Ahlul bait juga
hukum-hukum Islam, hadith, tafsir dan tauhid. Di Afrika Utara anak-anak
perempuan diwajibkan menghafaz surah An Nur.
Guru-guru yang masyhur
yang mengajar Al Quran dan pokok-pokok agama Islam di kuttab-kuttab ialah
AdDhahaak bin Muzahim tahun 105 Hijrah, Al Kumaits bin Zaid tahun 126 Hijrah
dan Abdul Hamid bin Al Katib tahun 132 Hijrah. Mereka ini memulakan kerjaya
sebagai guru biasa mengajar Al Quran dan syair-syair, kemudian dinaikkan
pangkat oleh sultan atau khalifah ke darjat yang paling tinggi. Ini menunjukkan
bahawa pemerintah Islam dahulu sangat sukakan ilmu pengetahuan terutama dalam
bidang ilmu kesusasteraan.
PENDIDIKAN RENDAH DI
ISTANA-ISTANA.
Sistem
pendidikan ini dimulakan oleh khalifah Abdul Malik bin Marwan dan khalifah Al
Walid bin Abdul Malik. Mereka berdua ini telah memanggil guru untuk mengajar
putra-putra mereka di istana. Guru yang mengajar ialah Al Hajjaz bin Yusuf As
Saqafi.
Pendidikan rendah di
istana ini lebih luas daripada pendidikan di kuttab di mana sukatan pelajaran
atau rancangan pelajaran disusun atau dirancang sendiri oleh orang tua
murid-murid. Mereka juga ikut membantu guru yang mengajar membuat rancangan
pelajaran . Tujuannya supaya selaras diantara pelajaran dengan taraf pemikiran
anak-anak mereka.Guru yang mengajar di istana dipanggil mu`adib. Perkatan
mu`adib berasal dari perkataan adab yang bererti budi pekerti dan juga bererti
meriwayatkan. Mereka dipanggil mu`adib kerana berperanan mendidik budi pekerti
putra-putra raja dan meriwayatkan kisah-kisah orang-orang bijak pandai dahulu
kala. Mereka ini akan belajar hingga dewasa dan supaya menyambung pelajaran ke
sekolah-sekolah atau masjid-masjid.
MASJID.
Fungsi
masjid menurut fahaman kaum muslimin dimasa permulaan Islam adalah amat luas.
Mereka telah menjadikan masjid itu untuk tempat beribadat, tempat pengadilan,
tempat tentera memberi pelajaran, tempat tentera berkumpul dan tempat menerima
duta-duta dari luar negeri. Oleh kerana itu mereka segera mendirikan
masjid-masjid untuk tujuan seperti diatas, terutama untuk menampung keramaian
penuntut. Mereka menamakan masjid `Baitullah’ kerana dalam nama itu terkandung
suatu pengertian iaitu untuk memasuki masjid itu tidak perlu meminta izin
terlebih dahulu kerana ia adalah `rumah Allah’.
Masjid yang mula-mula sekali
didirikan sesudah Islam ialah masjid Quba , selain digunakan untuk
bersembahyang masjid ini digunakan untuk tempat belajar dan disini juga nabi
mengajar sahabat-sahabat baginda tentang urusan –urusan agama dan urusan dunia.
Sesudah itu banyaklah masjid-masjid didirikan dan diceritakan bahawa di abad
ketiga Hijrah kota Baghdad dipenuhi dengan 30,000 buah masjid.
Di antara masjid-masjid
yang masyhur dalam Islam ialah Jamek Al Mansur didirikan oleh khalifah Al
Mansur pada tahun 145 Hijrah, Masjid Damascus di Syria dibina oleh khalifah Al
Walid, Jamek Amru di Mesir dibangunkan oleh Amru bin Al As pada tahun 21
Hijrah.
SEKOLAH-SEKOLAH.
Pelajaran-pelajaran
Islam makin lama makin bertambah menarik minat orang ramai dan bertambah pula
jumlah penuntutnya datang belajar ke masjid-masjid.
Keadaan ini sekiranya
dibiarkan akan bertambah sempitlah ruangan masjid dan guru-guru yang mengajar
dengan suara yang nyaring sedikit sebanyak akan menganggu orang-orang yang
sedang beribadat. Demikian juga dengan pelajaran-pelajaran dimana telah banyak
dan sedang mengalami perubahan mengikut peredaran zaman. Ada diantara
matapelajaran itu berbentuk soaljawab, perdebatan, perbahasan dan perbincangan.
Kaedah ini tidak sesuai dijalankan dimasjid-masjid tempat orang-orang
beribadat. Menyedari hakikat ini maka didirikanlah sekolah-sekolah untuk
mengajar secara formal dan memberi peluang kepada orang yang bekerja sebagai
guru sepenuh masa untukmengajar disekolah-sekolah dengan pendapatan tetap sebab
paling utama sekolah didirikan selain yang tersebut tadi ialah untuk mnegajar
umat Islam mengenai ajaran Islam yang sebenarnya, dan untuk menghapuskan
fahaman syiah yang disebarkan oleh kaum Bani Buwaih dan kaum Fatimiyyin. Ajaran
syiah ini tersebar luas sekitar negeri Iraq, Syria dan Mesir. Usaha mendirikan
sekolah ini dilakukan oleh kaum Saljuk dan Ayubiyyin. Mereka ini menganut
mazhab Ahli Sunnah. Tujuannya ialah untuk mensucikan jiwa orang Islam dari
kepercayaan-kepercayaan syiah disamping itu untuk memberi ilmu pengetahuan yang
sempurna kepada umat Islam.
Orang yang mula-mula
mendirikan sekolah didunia Islam ialah seorang perdana menteri Bani Saljuk
bernama Nizamul Muluk. Sekolah yang didirikan diberi nama Nizamiyyah Baghdad
siap pada tahun 1459 Hijrah letaknya dipinggir sungai Tigris.
Setelah berakhir
pemerintahan bani Saljuk, muncul seorang pahlawan Islam sekitar tahun 560
Hijrah bernama Nurruddin Zunky menyambung usaha Nizamul Muluk memajukan ilmu
pengetahun dengan mendirikan sekolah di Damsyik dan seluruh kota Syria. Sekolah
yang paling masyhur pada masa itu ialah sekolah An Nurriyyah Al Kubra dibina
dlam tahun 563 Hijrah .Sekolah ini masyhur kerana terdapat berbagai-bagai kemudahan
untuk para guru, para pelajar dan orang ramai.Ia dilengkapi dengan masjid untuk
untuk para penghunisekolah dan juga orang ramai, dewan untuk mengadakan kelas
perbincangan, bilik-bilik guru, asrama pelajar dan tempat tinggal pekerja
sekolah seperti buruh-buruh, jaga dan juga warden.Sekolah ini khusus untuk ilmu
pengetahun syariah Islam menurut mazhab Imam Abu Hanifah An Nukman.
Wallahhua`lam .
A. PENDAHULUAN
Lahirnya agama Islam yang
dibawa oleh Rasulullah SAW, pada abad ke-7 M, menimbulkan suatu tenaga
penggerak yang luar biasa, yang pernah dialami oleh umat manusia. Islam
merupakan gerakan raksasa yang telah berjalan sepanjang zaman dalam pertumbuhan
dan perkembangannya.
Masuk dan berkembangnya
Islam ke Indonesia dipandang dari segi historis dan sosiologis sangat kompleks
dan terdapat banyak masalah, terutama tentang sejarah perkembangan awal Islam.
Ada perbedaan antara pendapat lama dan pendapat baru. Pendapat lama sepakat
bahwa Islam masuk ke Indonesia abad ke-13 M dan pendapat baru menyatakan bahwa
Islam masuk pertama kali ke Indonesia pada abad ke-7 M.
(A.Mustofa,Abdullah,1999: 23). Namun yang pasti, hampir semua ahli sejarah
menyatakan bahwa daerah Indonesia yang mula-mula dimasuki Islam adalah daerah
Aceh.(Taufik Abdullah:1983)
Datangnya Islam ke
Indonesia dilakukan secara damai, dapat dilihat melalui jalur perdagangan,
dakwah, perkawinan, ajaran tasawuf dan tarekat, serta jalur kesenian dan
pendidikan, yang semuanya mendukung proses cepatnya Islam masuk dan berkembang
di Indonesia.
Kegiatan pendidikan Islam
di Aceh lahir, tumbuh dan berkembang bersamaan dengan berkembangnya Islam di
Aceh. Konversi massal masyarakat kepada Islam pada masa perdagangan disebabkan
oleh Islam merupakan agama yang siap pakai, asosiasi Islam dengan kejayaan,
kejayaan militer Islam, mengajarkan tulisan dan hapalan, kepandaian dalam
penyembuhan dan pengajaran tentang moral.(Musrifah,2005: 20).
Konversi massal
masyarakat kepada Islam pada masa kerajaan Islam di Aceh tidak lepas dari
pengaruh penguasa kerajaan serta peran ulama dan pujangga. Aceh menjadi pusat
pengkajian Islam sejak zaman Sultan Malik Az-Zahir berkuasa, dengan adanya
sistem pendidikan informal berupa halaqoh. Yang pada kelanjutannya menjadi
sistem pendidikan formal. Dalam konteks inilah, pemakalah akan membahas tentang
pusat pengkajian Islam pada masa Kerajaan Islam dengan membatasi wilayah
bahasan di daerah Aceh, dengan batasan masalah, pengertian pendidikan Islam,
masuk dan berkembangnya Islam di Aceh, dan pusat pengkajian Islam pada masa
tiga kerajaan besar Islam di Aceh.
B. PEMBAHASAN
Pendidikan Islam
Secara etimologis
pendidikan diterjemahkan ke dalam bahasa Arab “Tarbiyah” dengan kata kerjanya
“Robba” yang berarti mengasuh, mendidik, memelihara.(Zakiyah Drajat, 1996: 25)
Menurut pendapat ahli, Ki
Hajar Dewantara pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak,
maksudnya pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada
anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat
mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. (Hasbullah,2001:
4)
Pendidikan adalah segala usaha orang dewasa
dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan
rohaninya ke arah kedewasaan. (Ngalim Purwanto, 1995:11). HM. Arifin menyatakan,
pendidikan secara teoritis mengandung pengertian “memberi makan” kepada jiwa
anak didik sehingga mendapatkan kepuasan rohaniah, juga sering diartikan dengan
menumbuhkan kemampuan dasar manusia.(HM.Arifin, 2003: 22)
Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan
Nasional (Sisdiknas) Bab 1 pasal 1 ayat 1, pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian diri, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. (UU Sisdiknas No. 20, 2003)
Pendidikan memang sangat
berguna bagi setiap individu. Jadi, pendidikan merupakan suatu proses belajar
mengajar yang membiasakan warga masyarakat sedini mungkin menggali, memahami,
dan mengamalkan semua nilai yang disepa kati sebagai nilai terpuji dan
dikehendaki, serta berguna bagi kehidupan dan perkembangan pribadi, masyarakat,
bangsa dan negara.
Pendidikan Islam menurut Zakiah Drajat
merupakan pendidikan yang lebih banyak ditujukan kepada perbaikan sikap mental
yang akan terwujud dalam amal perbuatan, baik bagi keperluan diri sendiri
maupun orang lain yang bersifat teoritis dan praktis. (Zakiah Drajat,1996: 25)
Dengan demikian, pendidikan Islam berarti
proses bimbingan dari pendidik terhadap perkembangan jasmani, rohani, dan akal
peserta didik ke arah terbentuknya pribadi muslim yang baik (Insan Kamil).
Pusat Keunggulan
Pengkajian Islam Pada Masa Kerajaan Islam di Aceh
a. Masuk dan
Berkembangnya Islam di Aceh
Hampir semua ahli sejarah menyatakan bahwa
dearah Indonesia yang mula-mula di masuki Islam ialah daerah Aceh.(Taufik
Abdullah, 1983: 4). Berdasarkan kesimpulan seminar tentang masuknya Islam ke
Indonesia yang berlangsung di Medan pada tanggal 17 – 20 Maret 1963, yaitu:
- Islam untuk pertama kalinya telah masuk ke
Indonesia pada abad ke-7 M, dan langsung dari Arab.
- Daerah yang pertama kali didatangi oleh
Islam adalah pesisir Sumatera, adapun kerajaan Islam yang pertama adalah di
Pasai.
- Dalam proses pengislaman selanjutnya,
orang-orang Islam Indonesia ikut aktif mengambil peranan dan proses penyiaran
Islam dilakukan secara damai.
- Keterangan Islam di Indonesia, ikut
mencerdaskan rakyat dan membawa peradaban yang tinggi dalam membentuk
kepribadian bangsa Indonesia.(Taufik Abdullah, 1983: 5)
Masuknya Islam ke
Indonesia ada yang mengatakan dari India, dari Persia, atau dari Arab.
(Musrifah, 2005: 10-11). Dan jalur yang digunakan adalah:
a. Perdagangan, yang mempergunakan sarana
pelayaran
b. Dakwah, yang dilakukan oleh mubaligh yang
berdatangan bersama para pedagang, para mubaligh itu bisa dikatakan sebagai
sufi pengembara.
c. Perkawinan, yaitu perkawinan antara pedagang
muslim, mubaligh dengan anak bangsawan Indonesia, yang menyebabkan terbentuknya
inti sosial yaitu keluarga muslim dan masyarakat muslim.
d. Pendidikan. Pusat-pusat perekonomian itu
berkembang menjadi pusat pendidikan dan penyebaran Islam.
e. Kesenian. Jalur yang banyak sekali dipakai
untuk penyebaran Islam terutama di Jawa adalah seni.
Bentuk agama Islam itu sendiri mempercepat
penyebaran Islam, apalagi sebelum masuk ke Indonesia telah tersebar terlebih
dahulu ke daerah-daerah Persia dan India, dimana kedua daerah ini banyak
memberi pengaruh kepada perkembangan kebudayaan Indonesia. Dalam perkembangan
agama Islam di daerah Aceh, peranan mubaligh sangat besar, karena mubaligh
tersebut tidak hanya berasal dari Arab, tetapi juga Persia, India, juga dari
Negeri sendiri.
Ada dua faktor penting yang menyebabkan
masyarakat Islam mudah berkembang di Aceh, yaitu:
1. Letaknya sangat strategis dalam hubungannya
dengan jalur Timur Tengah dan Tiongkok.
2. Pengaruh Hindu – Budha dari Kerajaan
Sriwijaya di Palembang tidak begitu berakar kuat dikalangan rakyat Aceh, karena
jarak antara Palembang dan Aceh cukup jauh.(A.Mustofa, Abdullah, 1999: 53)
Sedangkan Hasbullah mengutip pendapat Prof.
Mahmud Yunus, memperinci faktor-faktor yang menyebabkan Islam dapat cepat
tersebar di seluruh Indonesia (Hasbullah, 2001: 19-20), antara lain:
a. Agama Islam tidak sempit dan berat melakukan
aturan-aturannya, bahkan mudah ditiru oleh segala golongan umat manusia, bahkan
untuk masuk agama Islam saja cukup dengan mengucap dua kalimah syahadat saja.
b. Sedikit tugas dan kewajiban Islam
c. Penyiaran Islam itu dilakukan dengan cara
berangsur-angsur sedikit demi sedikit.
d. Penyiaran Islam dilakukan dengan cara
bijaksana.
e. Penyiaran Islam dilakukan dengan perkataan
yang mudah dipahami umum, dapat dimengerti oleh golongan bawah dan golongan
atas.
Konversi massal masyarakat Nusantara kepada
Islam pada masa perdagangan terjadi karena beberapa sebab (Musrifah, 2005:
20-21), yaitu:
1. Portilitas (siap pakai) sistem keimanan
Islam.
2. Asosiasi Islam dengan kekayaan. Ketika
penduduk pribumi Nusantara bertemu dan berinteraksi dengan orang muslim
pendatang di pelabuhan, mereka adalah pedagang yang kaya raya. Karena kekayaan
dan kekuatan ekonomi, mereka bisa memainkan peranan penting dalam bidang
politik dan diplomatik.
3. Kejayaan militer. Orang muslim dipandang
perkasa dan tangguh dalam peperangan.
4. Memperkenalkan tulisan. Agama Islam
memperkenalkan tulisan ke berbagai wilayah Asia Tenggara yang sebagian besar
belum mengenal tulisan.
5. Mengajarkan penghapalan Al-Qur’an. Hapalan
menjadi sangat penting bagi penganut baru, khususnya untuk kepentingan ibadah,
seperti sholat.
6. Kepandaian dalam penyembuhan. Tradisi
tentang konversi kepada Islam berhubungan dengan kepercayaan bahwa tokoh-tokoh
Islam pandai menyembuhkan. Sebagai contoh, Raja Patani menjadi muslim setelah
disembuhkan dari penyakitnya oleh seorang Syaikh dari Pasai.
7. Pengajaran tentang moral. Islam menawarkan
keselamatan dari berbagai kekuatan jahat dan kebahagiaan di akhirat kelak.
Melalui faktor-faktor dan sebab-sebab
tersebut, Islam cepat tersebar di seluruh Nusantara sehingga pada gilirannya
nanti, menjadi agama utama dan mayoritas negeri ini.
b. Pusat Keunggulan
Pengkajian Islam Pada Tiga Kerajaan Islam di Aceh.
1. Zaman Kerajaan Samudra Pasai
Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah
kerajaan Samudra Pasai, yang didirikan pada abad ke-10 M dengan raja pertamanya
Malik Ibrahim bin Mahdum. Yang kedua bernama Al-Malik Al-Shaleh dan yang
terakhir bernama Al-Malik Sabar Syah (tahun 1444 M/ abad ke-15 H). (Mustofa
Abdullah, 1999: 54)
Pada tahun 1345, Ibnu Batutah dari Maroko
sempat singgah di Kerajaan Pasai pada zaman pemerintahan Malik Az-Zahir, raja
yang terkenal alim dalam ilmu agama dan bermazhab Syafi’i, mengadakan pengajian
sampai waktu sholat Ashar dan fasih berbahasa Arab serta mempraktekkan pola
hidup yang sederhana. (Zuhairini,et.al, 2000: 135)
Keterangan Ibnu Batutah tersebut dapat
ditarik kesimpulan pendidikan yang berlaku di zaman kerajaan Pasai sebagai
berikut:
a. Materi pendidikan dan pengajaran agama
bidang syari’at adalah Fiqh mazhab Syafi’i
b. Sistem pendidikannya secara informal berupa
majlis ta’lim dan halaqoh
c. Tokoh pemerintahan merangkap tokoh agama
d. Biaya pendidikan bersumber dari
negara.(Zuhairini, et.al., 2000: 136)
Pada zaman kerajaan Samudra Pasai mencapai
kejayaannya pada abad ke-14 M, maka pendidikan juga tentu mendapat tempat
tersendiri. Mengutip keterangan Tome Pires, yang menyatakan bahwa “di Samudra
Pasai banyak terdapat kota, dimana antar warga kota tersebut terdapat
orang-orang berpendidikan”.(M.Ibrahim, et.al, 1991: 61)
Menurut Ibnu Batutah juga, Pasai pada abad
ke-14 M, sudah merupakan pusat studi Islam di Asia Tenggara, dan banyak
berkumpul ulama-ulama dari negara-negara Islam. Ibnu Batutah menyatakan bahwa
Sultan Malikul Zahir adalah orang yang cinta kepada para ulama dan ilmu
pengetahuan. Bila hari jum’at tiba, Sultan sembahyang di Masjid menggunakan
pakaian ulama, setelah sembahyang mengadakan diskusi dengan para alim
pengetahuan agama, antara lain: Amir Abdullah dari Delhi, dan Tajudin dari
Ispahan. Bentuk pendidikan dengan cara diskusi disebut Majlis Ta’lim atau
halaqoh. Sistem halaqoh yaitu para murid mengambil posisi melingkari guru. Guru
duduk di tengah-tengah lingkaran murid dengan posisi seluruh wajah murid
menghadap guru.
2. Kerajaan Perlak
Kerajaan Islam kedua di Indonesia adalah
Perlak di Aceh. Rajanya yang pertama Sultan Alaudin (tahun 1161-1186 H/abad 12
M). Antara Pasai dan Perlak terjalin kerja sama yang baik sehingga seorang Raja
Pasai menikah dengan Putri Raja Perlak. Perlak merupakan daerah yang terletak
sangat strategis di Pantai Selat Malaka, dan bebas dari pengaruh
Hindu.(Hasbullah, 2001: 29)
Kerajaan Islam Perlak juga memiliki pusat
pendidikan Islam Dayah Cot Kala. Dayah disamakan dengan Perguruan Tinggi,
materi yang diajarkan yaitu bahasa Arab, tauhid, tasawuf, akhlak, ilmu bumi,
ilmu bahasa dan sastra Arab, sejarah dan tata negara, mantiq, ilmu falaq dan
filsafat. Daerahnya kira-kira dekat Aceh Timur sekarang. Pendirinya adalah
ulama Pangeran Teungku Chik M.Amin, pada akhir abad ke-3 H, abad 10 M. Inilah
pusat pendidikan pertama.
Rajanya yang ke enam bernama Sultan Mahdum
Alaudin Muhammad Amin yang memerintah antara tahun 1243-1267 M, terkenal
sebagai seorang Sultan yang arif bijaksana lagi alim. Beliau adalah seorang
ulama yang mendirikan Perguruan Tinggi Islam yaitu suatu Majlis Taklim tinggi
dihadiri khusus oleh para murid yang sudah alim. Lembaga tersebut juga
mengajarkan dan membacakan kitab-kitab agama yang berbobot pengetahuan tinggi,
misalnya kitab Al-Umm karangan Imam Syafi’i.(A.Mustofa, Abdullah, 1999: 54)
Dengan demikian pada kerajaan Perlak ini
proses pendidikan Islam telah berjalan cukup baik.
3. Kerajaan Aceh Darussalam
Proklamasi kerajaan Aceh Darussalam adalah
hasil peleburan kerajaan Islam Aceh di belahan Barat dan Kerajaan Islam Samudra
Pasai di belahan Timur. Putra Sultan Abidin Syamsu Syah diangkat menjadi Raja
dengan Sultan Alaudin Ali Mughayat Syah (1507-1522 M).
Bentuk teritorial yang terkecil dari susunan
pemerintahan Kerajaan Aceh adalah Gampong (Kampung), yang dikepalai oleh seorang
Keucik dan Waki (wakil). Gampong-gampong yang letaknya berdekatan dan yang
penduduknya melakukan ibadah bersama pada hari jum’at di sebuah masjid
merupakan suatu kekuasaan wilayah yang disebut mukim, yang memegang peranan
pimpinan mukim disebut Imeum mukim.(M. Ibrahim, et.al., 1991: 75)
Jenjang pendidikan yang ada di Kerajaan Aceh
Darussalam diawali pendidikan terendah Meunasah (Madrasah). Yang berarti tempat
belajar atau sekolah, terdapat di setiap gampong dan mempunyai multi fungsi
antara lain:
- Sebagai tempat belajar Al-Qur’an
- Sebagai Sekolah Dasar, dengan materi yang
diajarkan yaitu menulis dan membaca huruf Arab, Ilmu agama, bahasa Melayu,
akhlak dan sejarah Islam.
Fungsi lainnya adalah sebagai berikut:
- Sebagai tempat ibadah sholat 5 waktu untuk
kampung itu.
- Sebagai tempat sholat tarawih dan tempat
membaca Al-Qur’an di bulan puasa.
- Tempat kenduri Maulud pada bulan Mauludan.
- Tempat menyerahkan zakat fitrah pada hari
menjelang Idhul Fitri atau bulan puasa
- Tempat mengadakan perdamaian bila terjadi
sengketa antara anggota kampung.
- Tempat bermusyawarah dalam segala urusan
- Letak meunasah harus berbeda dengan letak
rumah, supaya orang segera dapat mengetahui mana yang rumah atau meunasah dan
mengetahui arah kiblat sholat. (M. Ibrahim, 1991: 76)
Selanjutnya sistem pendidikan di Dayah
(Pesantren) seperti di Meunasah tetapi materi yang diajarkan adalah kitab Nahu,
yang diartikan kitab yang dalam Bahasa Arab, meskipun arti Nahu sendiri adalah
tata bahasa (Arab). Dayah biasanya dekat masjid, meskipun ada juga di dekat
Teungku yang memiliki dayah itu sendiri, terutama dayah yang tingkat
pelajarannya sudah tinggi. Oleh karena itu orang yang ingin belajar nahu itu
tidak dapat belajar sambilan, untuk itu mereka harus memilih dayah yang agak
jauh sedikit dari kampungnya dan tinggal di dayah tersebut yang disebut
Meudagang. Di dayah telah disediakan pondok-pondok kecil mamuat dua orang tiap
rumah. Dalam buku karangan Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia,
istilah Rangkang merupakan madrasah seringkat Tsanawiyah, materi yang diajarkan
yaitu bahasa Arab, ilmu bumi, sejarah, berhitung, dan akhlak. Rangkang juga
diselenggarakan disetiap mukim. (Hasbullah, 2001: 32)
Bidang pendidikan di kerajaan Aceh
Darussalam benar-benar menjadi perhatian. Pada saat itu terdapat
lembaga-lembaga negara yang bertugas dalam bidang pendidikan dan ilmu
pengetahuan yaitu:
1. Balai Seutia Hukama, merupakan lembaga ilmu
pengetahuan, tempat berkumpulnya para ulama, ahli pikir dan cendikiawan untuk
membahas dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
2. Balai Seutia Ulama, merupakan jawatan
pendidikan yang bertugas mengurus masalah-masalah pendidikan dan pengajaran.
3. Balai Jama’ah Himpunan Ulama, merupakan
kelompok studi tempat para ulama dan sarjana berkumpul untuk bertukar fikiran
membahas persoalan pendidikan dan ilmu pendidikannya.
Aceh pada saat itu merupakan sumber ilmu
pengetahuan dengan sarjana-sarjanaya yang terkenal di dalam dan luar negeri.
Sehingga banyak orang luar datang ke Aceh untuk menuntut ilmu, bahkan ibukota
Aceh Darussalam berkembang menjadi kota Internasional dan menjadi pusat
pengembangan ilmu pengetahuan.
Kerajaan Aceh telah menjalin suatu hubungan
persahabatan dengan kerajaan Islam terkemuka di Timur Tengah yaitu kerajaan
Turki. Pada masa itu banyak pula ulama dan pujangga-pujangga dari berbagai
negeri Islam yang datang ke Aceh. Para ulama dan pujangga ini mengajarkan ilmu
agama Islam (Theologi Islam) dan berbagai ilmu pengetahuan serta menulis
bermacam-macam kitab berisi ajaran agama. Karenanya pengajaran agama Islam di
Aceh menjadi penting dan Aceh menjadi kerajaan Islam yang kuat di nusantara.
Diantara para ulama dan pijangga yang pernah datang ke kerajaan Aceh antara
lain Muhammad Azhari yang mengajar ilmu Metafisika, Syekh Abdul Khair Ibn Syekh
Hajar ahli dalam bidang pogmatic dan mistik, Muhammad Yamani ahli dalam bidang
ilmu usul fiqh dan Syekh Muhammad Jailani Ibn Hasan yang mengajar logika.
(M.Ibrahim,et.al., 1991: 88)
Tokoh pendidikan agama Islam lainnya yang
berada di kerajaan Aceh adalah Hamzah Fansuri. Ia merupakan seorang pujangga
dan guru agama yang terkenal dengan ajaran tasawuf yang beraliran wujudiyah.
Diantara karya-karya Hamzah Fansuri adalah Asrar Al-Aufin, Syarab Al-Asyikin,
dan Zuiat Al-Nuwahidin. Sebagai seorang pujangga ia menghasilkan karya-karya,
Syair si burung pungguk, syair perahu.
Ulama penting lainnnya adalah Syamsuddin
As-Samathrani atau lebih dikenal dengan Syamsuddin Pasai. Ia adalah murid dari
Hamzah Fansuri yang mengembangkan paham wujudiyah di Aceh. Kitab yang ditulis,
Mir’atul al-Qulub, Miratul Mukmin dan lainnya.
Ulama dan pujangga lain yang pernah datang
ke kerajaan Aceh ialah Syekh Nuruddin Ar-Raniri. Ia menentang paham wujudiyah
dan menulis banyak kitab mengenai agama Islam dalam bahasa Arab maupun Melayu
klasik. Kitab yang terbesar dan tertinggi mutu dalam kesustraan Melayu klasik
dan berisi tentang sejarah kerajaan Aceh adalah kitab Bustanul Salatin.
Pada masa kejayaan kerajaan Aceh, masa Sultan Iskandar Muda
(1607-1636) oleh Sultannya banyak didirikan masjid sebagai tempat beribadah
umat Islam, salah satu masjid yang terkenal Masjid Baitul Rahman, yang juga
dijadikan sebagai Perguruan Tinggi dan mempunyai 17 daars (fakultas).
Dengan melihat banyak para ulama dan
pujangga yang datang ke Aceh, serta adanya Perguruan Tinggi, maka dapat
dipastikan bahwa kerajaan Aceh menjadi pusat
studi Islam. Karena
faktor agama Islam merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi
kehidupan masyarakat Aceh pada periode berikutnya. Menurut B.J. Boland, bahwa
seorang Aceh adalah seorang Islam.(M.Ibrahim,et.al., 1991: 89)
C. KESIMPULAN
Pendidikan merupakan
suatu proses belajar engajar yang membiasakan kepada warga masyarakat sedini
mungkin untuk menggali, memahami dan mengamalkan semua nilai yang disepakati
sebagai nilai yang terpujikan dan dikehendaki, serta berguna bagi kehidupan dan
perkembangan ciri pribadi, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan Islam
sendiri adalah proses bimbingan terhadap peserta didik ke arah terbentuknya
pribadi muslim yang baik (insan kamil)
Keberhasilan dan kemajuan
pendidikan di masa kerajaan Islam di Aceh, tidak terlepas dari pengaruh Sultan
yang berkuasa dan peran para ulama serta pujangga, baik dari luar maupun
setempat, seperti peran Tokoh pendidikan Hazah Fansuri, Syamsudin As-Sumatrani,
dan Syaeh Nuruddin A-Raniri, yang menghasilkan karya-karya besar sehingga
menjadikan Aceh sebagai pusat pengkajian Islam.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Taufik. Ed.
Agama dan Perubahan Sosial, Jakarta : CV. Rajawali, 1983
Arifin, HM., Ilmu
Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Drajat, Zakiah, Ilmu
Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1996
Gunawan, Ary H, Sosiologi
Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2000
Hasbullah, Sejarah
Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2001, cet.
4
Ibrahim, M, et.al.,
Sejarah Daerah Propinsi Daerah Istimewa Aceh, Jakarta : CV. Tumaritis, 1991,
cet 2
Mustofa.A, aly, Abdullah,
Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Untuk Fakultas Tarbiyah, Bandung : CV.
Pustaka Setia, 1999
Purwanto, M. Ngalim, Ilmu
Pendidikan Teoritis, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,1992
Redaksi Penerbit Asa
Mandiri, Standar Nasional Pendidikan (NSP), Jakarta: Asa Mandiri, 2006
Sunanto, Musrifah,
Sejarah Peradaban Islam Indonesia, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2005
Tafsir, Ahmad, Sumbangan
Islam Kepada Ilmu dan Kebudayaan, Bandung : Pustaka, 1986
Yatim, Badri, Sejarah
Peradaban Islam, Dirasah Islamiyah II, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1993
Zauharini, et.al.,
Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2000, set 6