ٌRPP Bahasa Arab 1 Lembar Kelas IX - Daring - Tema 2 --الحفل بذكر مولد الرسول

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)


Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 2 - الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: المفردات

Kelas/Semester

: IX/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 6)

 

A.      Kompetensi Dasar

3.3.     Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد

3.4.     Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد dalam menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

4.3.  Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد baik secara lisan maupun tulisan

 

 

4.4.  Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد

 

B.      Indikator Hasil Pembelajaran

1.     Peserta didik dapat melafalkan kosakata (المفردات)tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

2.     Peserta didik dapat menghafal kosakata (المفردات) tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

3.     Peserta didik dapat mengartikan kosakata (المفردات) tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

C.      Tujuan Pembelajaran

1.       Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik mampu melafalkan kosakata dari beberapa mufradat yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مdenganbenar

2.       Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik mampu menghafal kosakata dari beberapa mufradat yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مdengan baik

3.       Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik dapat mengartikan kosakata (المفردات) tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مdengan benar

D.     Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IXKMA 183 Tahun 2019halaman 22

E.       Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

3.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

1.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi E-Learning Bahasa Arab

2.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.       Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

4.       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

2.       Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.       Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

4.       Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

F.       Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab.

 

Mengetahui,                                                                                                      Dukun,                                      2020

Kepala Madrasah,                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………………………                                                                                ……………………………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 2 - الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: النصوص

Kelas/Semester

: IX/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 7)

 

A.      Kompetensi Dasar

6.3.     Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مyang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد

6.4.     Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari gramatikal كان و إسمها و خبرها المفردdalam menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

5.3.  Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفردbaik secara lisan maupun tulisan

 

 

5.4.  Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مdengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد

 

B.      Indikator Hasil Pembelajaran

1.       Peserta didik dapatmembaca teks bacaan tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

2.       Peserta didik dapatmenerjemahkan teks bacaan tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

C.      Tujuan Pembelajaran

4.       Dengan mempelajari النصوص peserta didik mampu membaca teks tersebut yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

5.       Dengan mempelajari النصوص (teks tentang التعارف), peserta didik mampu menerjemahkan teks tersebut yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan baik.

D.     Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 24

E.       Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

4.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

5.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

6.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

5.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

6.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

7.       Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

8.       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

5.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

6.       Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

7.       Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

8.       Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

F.       Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                                      Dukun,                                      2020

Kepala Madrasah,                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………………………                                                                                ……………………………………………..

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 2 - الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: التركيب

Kelas/Semester

: IX/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 8)

 

G.      Kompetensi Dasar

9.3.     Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد

9.4.     Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد dalam menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

6.3.  Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد  baik secara lisan maupun tulisan

 

 

6.4.  Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م  dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد

 

H.     Indikator Hasil Pembelajaran

3.       Peserta didik dapat menganalisis التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab)

4.       Peserta didik dapatmenyusun kalimat bahasa Arab sesuai dengan التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab)

I.        Tujuan Pembelajaran

6.       Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab), peserta didik mampu menganalisis teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الساعة dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

7.       Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab), peserta didik dapatmenyusun kalimat bahasa Arab sesuai dengan التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab) dengan baik.

J.       Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 26

K.      Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

7.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

8.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

9.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

9.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

10.    Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

11.    Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

12.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

9.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

10.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

11.    Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

10.    Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

L.       Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                                      Dukun,                                      2020

Kepala Madrasah,                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………………………                                                                                ……………………………………………..

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 2 - الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: الحوار

Kelas/Semester

: IX/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 9)

 

M.    Kompetensi Dasar

12.3. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد

12.4. Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد dalam menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

7.3.  Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد  baik secara lisan maupun tulisan

 

 

7.4.  Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م  dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد

 

N.     Indikator Hasil Pembelajaran

5.       Peserta didik dapatmenganalisis teksالحوار (percakapan)

6.       Peserta didik dapatmenerjemahkan teksالحوار (percakapan)

7.       Peserta didik dapatmenyusun beberapa kalimat menjadi paragraf

O.     Tujuan Pembelajaran

8.       Dengan mempelajari الحوار (percakapan), peserta didik mampu menganalisis teks tersebut yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

9.       Dengan mempelajari الحوار (percakapan), peserta didik mampu menerjemahkan teks tersebut yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan baik.

10.    Dengan mempelajari الحوار (percakapan), peserta didik mampumenyusun beberapa kalimat menjadi paragraf yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan baik.

P.      Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 28

Q.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

11.    Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

12.    Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

13.    Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

13.    Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

14.    Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

15.    Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

16.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

12.    Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

13.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

14.    Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

15.    Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

R.      Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                                      Dukun,                                      2020

Kepala Madrasah,                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………………………                                                                                ……………………………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 2 - الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: الكتابة

Kelas/Semester

: IX/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 10)

 

S.       Kompetensi Dasar

15.3. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد

15.4. Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد dalam menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

8.3.  Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد  baik secara lisan maupun tulisan

 

 

8.4.  Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م  dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد

 

T.      Indikator Hasil Pembelajaran

8.       Peserta didik dapatmenulis susunan panitia dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan materi الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

9.       Peserta didik dapat menerjemahkankalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan materi الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م

U.      Tujuan Pembelajaran

11.    Peserta didik dapat menulis susunan panitia dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan materi الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مdengan baik

12.    Peserta didik dapat menerjemahkan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan materi الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan benar

V.      Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 31

W.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

14.    Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

15.    Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

16.    Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

17.    Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

18.    Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

19.    Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

20.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

16.    Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

17.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

18.    Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

17.    Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

X.      Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                                      Dukun,                                      2020

Kepala Madrasah,                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………………………                                                                                ……………………………………………..

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url