ٌRPP Bahasa Arab 1 Lembar Kelas IX - Daring - Tema 2 --الحفل بذكر مولد الرسول
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(DARING)
Nama
Madrasah |
:
MTs. Ihyaul Ulum |
MateriPokok |
:BAB 2 - الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م |
Mata
Pelajaran |
:
Bahasa Arab |
Sub
Materi |
:
المفردات |
Kelas/Semester |
: IX/Ganjil |
AlokasiWaktu |
: 3 x 40 menit
(pertemuan ke – 6) |
A. Kompetensi Dasar
3.3.
Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata,
dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م yang
melibatkan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan susunan
gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد 3.4.
Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد dalam
menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م |
4.3.
Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد baik secara
lisan maupun tulisan 4.4.
Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد |
B. Indikator Hasil Pembelajaran
1. Peserta didik dapat melafalkan kosakata (المفردات)tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م
2. Peserta didik dapat menghafal kosakata (المفردات) tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م
3. Peserta didik dapat mengartikan kosakata (المفردات) tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik mampu melafalkan
kosakata dari beberapa mufradat yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مdenganbenar
2. Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik mampu menghafal
kosakata dari beberapa mufradat yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مdengan baik
3. Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik dapat mengartikan
kosakata (المفردات) tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مdengan benar
D. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IXKMA 183 Tahun 2019halaman 22
E. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
1.
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik
untuk berdo’a
2.
Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga
kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19
3.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui
grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab
Inti :
1.
Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik
dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi
E-Learning Bahasa Arab
2.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang
ada di dalamnya
3.
Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan
dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa
Arab
4.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
1.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring
yang telah dilaksanakan
2.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran
daring dengan baik dan disiplin
3.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau
mengukur ketuntasan pembelajaran daring
4. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
F. Penilaian
Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda,
isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website
maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab.
Mengetahui, Dukun, 2020
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
………………………………………… ……………………………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(DARING)
Nama Madrasah |
: MTs. Ihyaul Ulum |
MateriPokok |
:BAB 2 - الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: النصوص |
Kelas/Semester |
: IX/Ganjil |
AlokasiWaktu |
: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 7) |
A. Kompetensi Dasar
6.3.
Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata,
dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مyang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan
memperhatikan susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد 6.4.
Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari gramatikal كان و إسمها و خبرها المفردdalam menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م |
5.3.
Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفردbaik secara lisan maupun tulisan 5.4.
Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.مdengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد |
B. Indikator Hasil Pembelajaran
1.
Peserta didik dapatmembaca teks bacaan tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م
2. Peserta didik dapatmenerjemahkan teks bacaan tentang الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م
C. Tujuan Pembelajaran
4.
Dengan mempelajari النصوص peserta didik mampu membaca teks tersebut yang berkaitan dengan
tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan benar
sesuai dengan kaidah kebahasaan.
5. Dengan mempelajari النصوص (teks tentang التعارف), peserta didik mampu
menerjemahkan teks tersebut yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa
Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 24
E. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
4.
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik
untuk berdo’a
5.
Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga
kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19
6.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui
grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab
Inti :
5.
Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik
dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk
E-Learning Bahasa Arab
6.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang
ada di dalamnya
7.
Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan
dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa
Arab
8.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
5.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring
yang telah dilaksanakan
6.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran
daring dengan baik dan disiplin
7.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau
mengukur ketuntasan pembelajaran daring
8. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
F. Penilaian
Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda,
isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website
maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab
Mengetahui, Dukun, 2020
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
………………………………………… ……………………………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(DARING)
Nama Madrasah |
: MTs. Ihyaul Ulum |
MateriPokok |
:BAB 2 - الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: التركيب |
Kelas/Semester |
: IX/Ganjil |
AlokasiWaktu |
: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 8) |
G. Kompetensi Dasar
9.3.
Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata,
dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م yang
melibatkan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan susunan
gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد 9.4.
Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد dalam
menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م |
6.3.
Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد baik secara lisan maupun tulisan 6.4.
Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد |
H. Indikator Hasil Pembelajaran
3.
Peserta didik dapat menganalisis التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab)
4. Peserta didik dapatmenyusun kalimat bahasa Arab sesuai
dengan التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab)
I.
Tujuan Pembelajaran
6.
Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab), peserta didik mampu menganalisis
teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الساعة dengan benar sesuai dengan
kaidah kebahasaan.
7. Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab), peserta
didik dapatmenyusun kalimat bahasa Arab sesuai dengan التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab)
dengan baik.
J. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 26
K. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
7.
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik
untuk berdo’a
8.
Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga
kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19
9.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui
grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab
Inti :
9.
Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik
dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk
E-Learning Bahasa Arab
10.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang
ada di dalamnya
11.
Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan
dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab
12.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
9.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring
yang telah dilaksanakan
10.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran
daring dengan baik dan disiplin
11.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau
mengukur ketuntasan pembelajaran daring
10. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
L. Penilaian
Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda,
isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website
maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab
Mengetahui, Dukun, 2020
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
………………………………………… ……………………………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(DARING)
Nama Madrasah |
: MTs. Ihyaul Ulum |
MateriPokok |
:BAB 2 - الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: الحوار |
Kelas/Semester |
: IX/Ganjil |
AlokasiWaktu |
: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 9) |
M. Kompetensi Dasar
12.3. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang
berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد
الرسول ص.م yang melibatkan tindak tutur
mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد 12.4. Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari
gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد dalam menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan
tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م |
7.3.
Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد baik secara lisan maupun tulisan 7.4.
Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد |
N. Indikator Hasil Pembelajaran
5.
Peserta didik dapatmenganalisis teksالحوار (percakapan)
6. Peserta didik dapatmenerjemahkan teksالحوار (percakapan)
7. Peserta didik dapatmenyusun beberapa kalimat menjadi
paragraf
O. Tujuan Pembelajaran
8.
Dengan mempelajari الحوار (percakapan), peserta didik mampu menganalisis teks tersebut
yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى
مولد الرسول ص.م dengan benar sesuai dengan
kaidah kebahasaan.
9. Dengan mempelajari الحوار (percakapan), peserta didik
mampu menerjemahkan teks tersebut yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan baik.
10. Dengan mempelajari الحوار (percakapan), peserta didik mampumenyusun
beberapa kalimat menjadi paragraf yang berkaitan dengan tema الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan baik.
P. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 28
Q. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
11. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan
mengajak peserta didik untuk berdo’a
12. Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk
tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19
13. Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum
absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab
Inti :
13. Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi
pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan
dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab
14. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari
materi pembelajaran yang ada di dalamnya
15. Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk
bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab
16. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang
kegiatan pembelajaran
Penutup :
12. Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses
pembelajaran daring yang telah dilaksanakan
13. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat
mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin
14. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta
didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring
15. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
R. Penilaian
Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda,
isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website
maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab
Mengetahui,
Dukun, 2020
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
………………………………………… ……………………………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(DARING)
Nama Madrasah |
: MTs. Ihyaul Ulum |
MateriPokok |
:BAB 2 - الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: الكتابة |
Kelas/Semester |
: IX/Ganjil |
AlokasiWaktu |
: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 10) |
S. Kompetensi Dasar
15.3. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang
berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد
الرسول ص.م yang melibatkan tindak tutur
mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد 15.4. Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari
gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد dalam menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan
tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م |
8.3.
Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد baik secara lisan maupun tulisan 8.4.
Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد |
T. Indikator Hasil Pembelajaran
8. Peserta didik dapatmenulis susunan panitia dalam bahasa
Arab yang berkaitan dengan materi الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م
9. Peserta didik dapat menerjemahkankalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan materi الحفل بذكرى مولد
الرسول ص.م
U. Tujuan Pembelajaran
11.
Peserta didik dapat menulis susunan panitia dalam bahasa Arab yang
berkaitan dengan materi الحفل بذكرى مولد
الرسول ص.مdengan baik
12. Peserta didik dapat menerjemahkan kalimat bahasa Arab
yang berkaitan dengan materi الحفل بذكرى
مولد الرسول ص.م dengan benar
V. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa
Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 31
W. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
14.
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik
untuk berdo’a
15.
Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga
kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19
16.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui
grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab
Inti :
17.
Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik
dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk
E-Learning Bahasa Arab
18.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang
ada di dalamnya
19.
Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan
dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa
Arab
20.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
16.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring
yang telah dilaksanakan
17.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran
daring dengan baik dan disiplin
18.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau
mengukur ketuntasan pembelajaran daring
17. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
X. Penilaian
Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda,
isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website
maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab
Mengetahui, Dukun, 2020
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
………………………………………… ……………………………………………..