RPP Bahasa Arab 1 Lembar Kelas IX - daring - Tema 3 - نزل القرأن والعيدان

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 3 - نزول القرآن و العيدان

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: المفردات

Kelas/Semester

: IX/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 11)

 

A.      Kompetensi Dasar

3.5.     Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان yang melibatkan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

3.6.     Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

4.5.  Mendemonstrasikan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر baik secara lisan maupun tulisan

 

4.6.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

 

B.      Indikator Hasil Pembelajaran

1.     Peserta didik dapat melafalkan kosakata (المفردات)tentang نزول القرآن و العيدان

2.     Peserta didik dapat menghafal kosakata (المفردات) tentang نزول القرآن و العيدان

3.     Peserta didik dapat mengartikan kosakata (المفردات) tentang نزول القرآن و العيدان

C.      Tujuan Pembelajaran

1.       Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik mampu melafalkan kosakata dari beberapa mufradat yang berkaitan dengan tema نزول القرآن و العيدانdenganbenar

2.       Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik mampu menghafal kosakata dari beberapa mufradat yang berkaitan dengan tema نزول القرآن و العيدانdengan baik

3.       Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik dapat mengartikan kosakata (المفردات) tentang نزول القرآن و العيدانdengan benar

D.     Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IXKMA 183 Tahun 2019halaman 36

E.       Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

3.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

1.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi E-Learning Bahasa Arab

2.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.       Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

4.       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

2.       Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.       Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

4.       Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

F.       Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab.

 

Mengetahui,                                                                                          Dukun,                                      2020

Kepala Madrasah,                                                                                  Guru Mata Pelajaran,

 

                                                                                                                                                              

 

…………………………………………                                                                    ……………………………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 3 - نزول القرآن و العيدان

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: النصوص

Kelas/Semester

: IX/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 12)

 

A.      Kompetensi Dasar

6.5.     Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان yang melibatkan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

6.6.     Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

5.5.  Mendemonstrasikan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر baik secara lisan maupun tulisan

 

5.6.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

 

B.      Indikator Hasil Pembelajaran

1.       Peserta didik dapatmembaca teks bacaan tentang نزول القرآن و العيدان

2.       Peserta didik dapatmenerjemahkan teks bacaan tentang نزول القرآن و العيدان

C.      Tujuan Pembelajaran

4.       Dengan mempelajari النصوص, peserta didik mampu membaca teks tersebut yang berkaitan dengan tema نزول القرآن و العيدان dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

5.       Dengan mempelajari النصوص, peserta didik mampu menerjemahkan teks tersebut yang berkaitan dengan tema نزول القرآن و العيدان dengan baik.

D.     Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 37 - 39

E.       Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

4.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

5.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

6.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

5.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

6.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

7.       Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

8.       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

5.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

6.       Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

7.       Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

8.       Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

F.       Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                          Dukun,                                      2020

Kepala Madrasah,                                                                                  Guru Mata Pelajaran,

 

                                                                                                                                                              

 

…………………………………………                                                                    ……………………………………………..

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 3 - نزول القرآن و العيدان

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: التركيب

Kelas/Semester

: IX/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 13)

 

G.      Kompetensi Dasar

9.5.     Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان yang melibatkan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

9.6.     Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

6.5.  Mendemonstrasikan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر baik secara lisan maupun tulisan

 

6.6.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

 

H.     Indikator Hasil Pembelajaran

3.       Peserta didik dapat menganalisis التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab)

4.       Peserta didik dapatmenyusun kalimat bahasa Arab sesuai dengan التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab)

I.        Tujuan Pembelajaran

6.       Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab), peserta didik mampu menganalisis teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema نزول القرآن و العيدان dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

7.       Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab), peserta didik dapatmenyusun kalimat bahasa Arab sesuai dengan نزول القرآن و العيدان (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab) dengan baik.

J.       Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 40-41

K.      Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

7.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

8.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

9.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

9.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

10.    Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

11.    Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

12.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

9.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

10.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

11.    Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

10.    Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

L.       Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                          Dukun,                                      2020

Kepala Madrasah,                                                                                  Guru Mata Pelajaran,

 

                                                                                                                                                              

 

…………………………………………                                                                    ……………………………………………..

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

Materi Pokok

:BAB 3 - نزول القرآن و العيدان

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: الحوار

Kelas/Semester

: IX/Ganjil

Alokasi Waktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 14)

 

M.    Kompetensi Dasar

12.5. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان yang melibatkan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

12.6. Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

7.5.  Mendemonstrasikan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر baik secara lisan maupun tulisan

 

7.6.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

 

N.     Indikator Hasil Pembelajaran

5.       Peserta didik dapatmenganalisis teksالحوار (percakapan)

6.       Peserta didik dapatmenerjemahkan teksالحوار (percakapan)

7.       Peserta didik dapatmenyusun beberapa kalimat menjadi paragraf

O.     Tujuan Pembelajaran

8.       Peserta didik mampu menganalisis teks tersebut yang berkaitan dengan tema نزول القرآن و العيدان dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

9.       Peserta didik mampu menerjemahkan teks tersebut yang berkaitan dengan tema نزول القرآن و العيدان dengan baik.

10.    Peserta didik mampumenyusun beberapa kalimat menjadi paragraf yang berkaitan dengan tema نزول القرآن و العيدان dengan baik.

P.      Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 44

Q.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

11.    Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

12.    Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

13.    Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

13.    Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

14.    Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

15.    Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

16.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

12.    Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

13.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

14.    Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

15.    Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

R.      Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                          Dukun,                                      2020

Kepala Madrasah,                                                                                  Guru Mata Pelajaran,

 

                                                                                                                                                              

 

…………………………………………                                                                    ……………………………………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 3 - نزول القرآن و العيدان

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: الكتابة

Kelas/Semester

: IX/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 15)

 

S.       Kompetensi Dasar

15.5. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان yang melibatkan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

15.6. Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

8.5.  Mendemonstrasikan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر baik secara lisan maupun tulisan

 

8.6.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر

 

T.      Indikator Hasil Pembelajaran

8.       Peserta didik dapatmenulis susunan panitia dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan materi نزول القرآن و العيدان

9.       Peserta didik dapat menerjemahkankalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan materi نزول القرآن و العيدان

U.      Tujuan Pembelajaran

11.    Peserta didik dapat menulis susunan panitia dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan materi نزول القرآن و العيدانdengan baik

12.    Peserta didik dapat menerjemahkan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan materi نزول القرآن و العيدانdengan benar

V.      Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas IX KMA 183 Tahun 2019 halaman 47

W.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

14.    Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

15.    Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

16.    Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

17.    Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

18.    Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

19.    Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

20.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

16.    Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

17.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

18.    Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

17.    Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

X.      Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                          Dukun,                                      2020

Kepala Madrasah,                                                                                  Guru Mata Pelajaran,

 

                                                                                                                                                              

 

…………………………………………                                                                    ……………………………………………..

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url