ٌRPP Bahasa Arab 1 Lembar kelas VIII - Tema 3 الهواية
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(DARING)
Nama
Madrasah |
:MTs.
Ihyaul Ulum |
MateriPokok |
:BAB 3–الهواية |
Mata
Pelajaran |
:
Bahasa Arab |
Sub
Materi |
:
المفردات |
Kelas/Semester |
: VIII/Ganjil |
AlokasiWaktu |
: 3 x 40 menit
(pertemuan ke – 11) |
A. Kompetensi Dasar
3.5.
Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata,
dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الهواية yang
melibatkan tindak tutur membuat pilihan dan argumentasinya dengan
memperhatikan susunan gramatikal الجملة الفعلية 3.6.
Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الهواية dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الجملة الفعلية |
4.5.
Mendemonstrasikan tindak tutur membuat pilihan dan argumentasinya dengan
memperhatikan susunan gramatikal الجملة الفعلية baik secara
lisan maupun tulisan 4.6.
Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan
dengan tema: الهواية dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal الجملة الفعلية |
B. Indikator Hasil Pembelajaran
1. Peserta didik dapat melafalkan kosakata (المفردات)tentang الهواية
2. Peserta didik dapat menghafal kosakata (المفردات) tentang الهواية
3.
Peserta didik dapat melengkapi kalimat dalam Bahasa Arab yang berkaitan
dengan الهواية
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik mampu melafalkan
kosakata dari beberapa mufradat yang berkaitan dengan tema الهوايةdenganbenar
2. Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik mampu menghafal
kosakata dari beberapa mufradat yang berkaitan dengan tema الهوايةdengan baik
3. Peserta didik dapat melengkapi kalimat dalam Bahasa Arab
yang berkaitan dengan الهواية dengan benar
D. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa
Arab Revisi Kelas VIII KMA 183 Tahun 2019halaman 40
E. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
1.
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik
untuk berdo’a
2.
Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga
kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19
3.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui
grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab
Inti :
1.
Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik
dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi E-Learning
Bahasa Arab
2.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang
ada di dalamnya
3.
Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan
dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa
Arab
4.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
1.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring
yang telah dilaksanakan
2.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran
daring dengan baik dan disiplin
3.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau
mengukur ketuntasan pembelajaran daring
4. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya
F. Penilaian
Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda,
isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website
maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab.
Mengetahui, Dukun, 2020
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
………………………………………… ……………………………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(DARING)
Nama Madrasah |
:MTs. Ihyaul Ulum |
MateriPokok |
:BAB 3–الهواية |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: الحوار |
Kelas/Semester |
: VIII/Ganjil |
AlokasiWaktu |
: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 12) |
A. Kompetensi Dasar
6.5.
Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata,
dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الهواية yang
melibatkan tindak tutur membuat pilihan dan argumentasinya dengan
memperhatikan susunan gramatikal الجملة الفعلية 6.6.
Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الهواية dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الجملة الفعلية |
5.5.
Mendemonstrasikan tindak tutur membuat pilihan dan argumentasinya dengan
memperhatikan susunan gramatikal الجملة الفعلية baik secara
lisan maupun tulisan 5.6.
Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan
dengan tema: الهواية dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal الجملة الفعلية |
B. Indikator Hasil Pembelajaran
1.
Peserta didik dapatmendemonstrasikanالحوار (percakapan) tentang materi الهواية
2. Peserta didik dapatmenuliskan kalimat bahasa Arab (
Jumlah Fi’liyyah ) tentang materi الهواية
C. Tujuan Pembelajaran
4.
Peserta didik dapatmendemonstrasikanالحوار (percakapan) bersama temannya
tentang materi الهواية dengan baik
5. Peserta didik dapatmenuliskan kalimat bahasa Arab (
Jumlah Fi’liyyah ) tentang materi الهواية dengan benar
D. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa
Arab Revisi Kelas VIII KMA 183 Tahun 2019 halaman 42
E. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
4. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan
mengajak peserta didik untuk berdo’a
5. Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk
tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19
6. Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum
absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab
Inti :
5. Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi
pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan
dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab
6. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari
materi pembelajaran yang ada di dalamnya
7. Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk
bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab
8. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang
kegiatan pembelajaran
Penutup :
5. Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses
pembelajaran daring yang telah dilaksanakan
6. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat
mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin
7. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta
didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring
8. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
F. Penilaian
Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda,
isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website
maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab
Mengetahui,
Dukun, 2020
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
………………………………………… ……………………………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(DARING)
Nama Madrasah |
:MTs. Ihyaul Ulum |
MateriPokok |
:BAB 3–الهواية |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: التراكيب |
Kelas/Semester |
: VIII/Ganjil |
AlokasiWaktu |
: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 13) |
G. Kompetensi Dasar
9.5.
Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata,
dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الهواية yang
melibatkan tindak tutur membuat pilihan dan argumentasinya dengan
memperhatikan susunan gramatikal الجملة الفعلية 9.6.
Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الهواية dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الجملة الفعلية |
6.5.
Mendemonstrasikan tindak tutur membuat pilihan dan argumentasinya dengan
memperhatikan susunan gramatikal الجملة الفعلية baik secara
lisan maupun tulisan 6.6.
Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan
dengan tema: الهواية dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan
gramatikal الجملة الفعلية |
H. Indikator Hasil Pembelajaran
3.
Peserta didik dapat menganalisis التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab) yang
berkaitan dengan materi الهواية
4. Peserta didik dapatmerubah kalimat bahasa Arab (Jumah Ismiyyah
ke dalam Jumlah Fi’liyyah) sesuai dengan التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab) yang
berkaitan dengan materi الهواية
5. Peserta didik mampu menentukan Jumlah ismiyyah dan jumlah
Fi’liyyah yang berkaitan dengan materi الهواية
I.
Tujuan Pembelajaran
6.
Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab), peserta didik mampu menganalisis
teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الهواية dengan benar sesuai dengan
kaidah kebahasaan.
7. Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab),
peserta didik mampu merubah kalimat bahasa Arab (Jumah Ismiyyah ke dalam Jumlah
Fi’liyyah) yang berkaitan dengan tema الهواية dengan baik
8. Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab),
peserta didik mampu menentukan Jumlah ismiyyah dan jumlah Fi’liyyah yang berkaitan dengan materi الهواية dengan benar
J. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa Arab Revisi Kelas VIII KMA 183 Tahun 2019 halaman 44 -
46
K. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
7.
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik
untuk berdo’a
8.
Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga
kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19
9.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui
grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab
Inti :
9.
Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik
dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk
E-Learning Bahasa Arab
10.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang
ada di dalamnya
11.
Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan
dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa
Arab
12.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
9.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring
yang telah dilaksanakan
10.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran
daring dengan baik dan disiplin
11.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau
mengukur ketuntasan pembelajaran daring
10. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
L. Penilaian
Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian
maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website
maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab
Mengetahui,
Dukun, 2020
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
………………………………………… ……………………………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(DARING)
Nama Madrasah |
:MTs. Ihyaul Ulum |
Materi Pokok |
:BAB 3–الهواية |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: القراءة |
Kelas/Semester |
: VIII/Ganjil |
Alokasi Waktu |
: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 14) |
M. Kompetensi Dasar
12.5. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan
tema: الهوايةyang melibatkan tindak tutur membuat pilihan dan argumentasinya dengan
memperhatikan susunan gramatikal الجملة الفعلية 12.6. Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan
dengan tema: الهوايةdengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal الجملة الفعلية |
7.5.
Mendemonstrasikan tindak tutur membuat pilihan dan argumentasinya dengan
memperhatikan susunan gramatikal الجملة الفعليةbaik secara lisan maupun
tulisan 7.6.
Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan
dengan tema: الهوايةdengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal الجملة الفعلية |
N. Indikator Hasil Pembelajaran
6.
Peserta didik dapat membaca teks qiroah yang berkaitan dengan materi الهواية
7. Peserta didik dapatmelengkapi teks qiroah yang berkaitan
dengan materi الهواية
8. Peserta didik dapat menerjemahkankalimat bahasa Arabyang
berkaitan dengan materi الهواية
9. Peserta didik dapat menyusun kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan materi الهواية
O. Tujuan Pembelajaran
9.
Peserta didik dapat membaca teks qiroah yang berkaitan dengan materi الهواية dengan benar sesuai dengan
kaidah kebahasaan.
10. Peserta didik dapatmelengkapi teks qiroah yang berkaitan
dengan materi الهواية dengan benar.
11. Peserta didik dapat menerjemahkan kalimat bahasa Arab
yang berkaitan dengan materi الهواية dengan benar.
12. Peserta didik dapat menyusun kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan materi الهواية dengan benar.
P. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa
Arab Revisi Kelas VIII KMA 183 Tahun 2019 halaman 48 - 49
Q. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
11.
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik
untuk berdo’a
12.
Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga
kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19
13.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui
grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab
Inti :
13.
Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik
dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk
E-Learning Bahasa Arab
14.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang
ada di dalamnya
15.
Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan
dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa
Arab
16.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
12.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring
yang telah dilaksanakan
13.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran
daring dengan baik dan disiplin
14.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau
mengukur ketuntasan pembelajaran daring
14. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
R. Penilaian
Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda,
isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website
maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab
Mengetahui,
Dukun, 2020
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
………………………………………… ……………………………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(DARING)
Nama Madrasah |
:MTs. Ihyaul Ulum |
Materi Pokok |
:BAB 3–الهواية |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: الكتابة |
Kelas/Semester |
: VIII/Ganjil |
Alokasi Waktu |
: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 15) |
S. Kompetensi Dasar
15.5. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan
tema: الهواية yang melibatkan tindak tutur membuat pilihan dan argumentasinya dengan
memperhatikan susunan gramatikal الجملة الفعلية 15.6. Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan
dengan tema: الهواية dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal الجملة الفعلية |
8.5.
Mendemonstrasikan tindak tutur membuat pilihan dan argumentasinya dengan
memperhatikan susunan gramatikal الجملة الفعلية baik secara lisan maupun
tulisan 8.6.
Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan
dengan tema: الهواية dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal الجملة الفعلية |
T. Indikator Hasil Pembelajaran
10.
Peserta didik dapatmenulis kalimat dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan
materi الهواية
11. Peserta didik dapatmenyusun kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan materi الهواية
U. Tujuan Pembelajaran
13.
Peserta didik dapat menulis jadwal pelajaran dalam bahasa Arab yang
berkaitan dengan materi الهواية dengan baik
14. Peserta didik dapatmenyusun kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan materi الهوايةdengan benar
V. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa
Arab Revisi Kelas VIII KMA 183 Tahun 2019 halaman 51
W. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
15.
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik
untuk berdo’a
16.
Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga
kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19
17.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui
grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab
Inti :
17.
Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik
dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk
E-Learning Bahasa Arab
18.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang
ada di dalamnya
19.
Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan
dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa
Arab
20.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
15.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring
yang telah dilaksanakan
16.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran
daring dengan baik dan disiplin
17.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau
mengukur ketuntasan pembelajaran daring
18. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
X. Penilaian
Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda,
isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website
maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab
Mengetahui,
Dukun, 2020
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,
………………………………………… ……………………………………………..