RPP Bahasa Arab 8 Genap - 1

 Contoh Rpp Bahasa Arab kelas 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





 

Sekolah                  : MTs

Mata Pelajaran         : Bahasa Arab

Kelas/Semester        :  VIII / 2

Alokasi Waktu          : 2 x 40 menit

KD          : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5

Pertemuan ke  : 1

Materi

:

الرياضة   عيادة المريض ؛ المهنة ؛

 

A.   TUJUAN

 

  • Keterampilan menyimak (الاستماع)  الرياضة
  • Keterampilan berbicara  (الحوار) الرياضة
  • Keterampilan membaca  (القراءة) الرياضة
  • Keterampilan menulis  (الكتابة)  الرياضة

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor ( bila diperlukan )

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan menyimak (الاستماع) الرياضة

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan menyimak (الاستماع)  الرياضة 

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Keterampilan menyimak (الاستماع)  الرياضة

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan menyimak (الاستماع)  الرياضة

Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 

C.   PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Gresik,  5 Januari 2022

Kepala Sekolah   

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

..............................

NIP.

 

 

 

..............................

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    : MTs

Mata Pelajaran         : Bahasa Arab

Kelas/Semester        :  VIII / 2

Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit

KD                    : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5

Pertemuan ke  : 2

Materi

:

الرياضة   عيادة المريض ؛ المهنة ؛

 

A.   TUJUAN

 

  • Keterampilan menyimak (الاستماع)  الرياضة
  • Keterampilan berbicara  (الحوار) الرياضة
  • Keterampilan membaca  (القراءة) الرياضة
  • Keterampilan menulis  (الكتابة)  الرياضة

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor ( bila diperlukan )

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan Menyimak dan berbicara  (الحوار) الرياضة

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan Menyimak dan berbicara  (الحوار) الرياضة

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Keterampilan Menyimak dan berbicara  (الحوار) الرياضة

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menyimak dan berbicara  (الحوار) الرياضة

Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 

C.   PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Gresik,  5 Januari 2022

Kepala Sekolah   

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

..............................

NIP.

 

 

 

..............................

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    : MTs

Mata Pelajaran         : Bahasa Arab

Kelas/Semester        :  VIII / 2

Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit

KD                    : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5

Pertemuan ke  : 3

Materi

:

الرياضة   عيادة المريض ؛ المهنة ؛

 

A.   TUJUAN

 

  • Keterampilan menyimak (الاستماع)  الرياضة
  • Keterampilan berbicara  (الحوار) الرياضة
  • Keterampilan membaca  (القراءة) الرياضة
  • Keterampilan menulis  (الكتابة)  الرياضة

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor ( bila diperlukan )

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan membaca  (القراءة)  الرياضة

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan membaca  (القراءة)   الرياضة 

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Keterampilan membaca  (القراءة)  الرياضة

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan membaca  (القراءة)  الرياضة

Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 

C.   PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Gresik,  5 Januari 2022

Kepala Sekolah   

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

..............................

NIP.

 

 

 

..............................

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    : MTs

Mata Pelajaran         : Bahasa Arab

Kelas/Semester        :  VIII / 2

Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit

KD                    : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5

Pertemuan ke  : 4

Materi

:

الرياضة   عيادة المريض ؛ المهنة ؛

 

A.   TUJUAN

 

  • Keterampilan menyimak (الاستماع)  الرياضة
  • Keterampilan berbicara  (الحوار) الرياضة
  • Keterampilan membaca  (القراءة) الرياضة
  • Keterampilan menulis  (الكتابة)  الرياضة

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor ( bila diperlukan )

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan Menulis  (الكتابة)  الرياضة

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan Menulis  (الكتابة)  الهواية 

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Keterampilan Menulis  (الكتابة) الرياضة

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menulis  (الكتابة)  الرياضة  

Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 

C.   PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Gresik,  5 Januari 2022

Kepala Sekolah   

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

..............................

NIP.

 

 

 

..............................

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url