RPP Bahasa Arab 8 Genap - 1
Contoh Rpp Bahasa Arab kelas 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VIII
/ 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 1 |
||
Materi |
: |
الرياضة عيادة
المريض ؛ المهنة ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
menyimak (الاستماع)
الرياضة
|
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Keterampilan
menyimak (الاستماع) الرياضة |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
menyimak (الاستماع) الرياضة |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan menyimak (الاستماع) الرياضة Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VIII
/ 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD
: 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 2 |
||
Materi |
: |
الرياضة عيادة
المريض ؛ المهنة ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
Menyimak dan berbicara (الحوار)
الرياضة
|
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
Menyimak dan berbicara (الحوار)
الرياضة
|
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
Menyimak dan berbicara (الحوار)
الرياضة
|
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menyimak dan
berbicara (الحوار) الرياضة Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VIII
/ 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD
: 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 3 |
||
Materi |
: |
الرياضة عيادة
المريض ؛ المهنة ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan
dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
membaca (القراءة) الرياضة |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
membaca (القراءة) الرياضة
|
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai Keterampilan
membaca (القراءة) الرياضة |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan membaca (القراءة) الرياضة Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VIII
/ 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD
: 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 4 |
||
Materi |
: |
الرياضة عيادة
المريض ؛ المهنة ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan
dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
Menulis (الكتابة) الرياضة |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
Menulis (الكتابة) الهواية |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai Keterampilan
Menulis (الكتابة) الرياضة |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menulis (الكتابة) الرياضة Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||