RPP Bahasa Arab 7 Ganjil 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs
...................... Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VII
/ 1 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 1 |
||
Materi |
: |
التعارف الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
menyimak (الاستماع)
الأدوات
المدرسية |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
menyimak (الاستماع) الأدوات المدرسية |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
menyimak (الاستماع)
الأدوات
المدرسية |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan menyimak (الاستماع) الأدوات المدرسية Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs ...................... Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VII
/ 1 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD
: 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 2 |
||
Materi |
: |
التعارف الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
Menyimak dan berbicara (الحوار)
الأدوات
المدرسية |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
Menyimak dan berbicara (الحوار)
الأدوات
المدرسية |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
Menyimak dan berbicara (الحوار)
الأدوات
المدرسية |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menyimak dan
berbicara (الحوار) الأدوات
المدرسية Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs
...................... Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VII
/ 1 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD
: 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 3 |
||
Materi |
: |
التعارف الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan
dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
membaca (القراءة) الأدوات المدرسية |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
membaca (القراءة) الأدوات المدرسية |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
membaca (القراءة) الأدوات
المدرسية |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan membaca (القراءة) الأدوات
المدرسية Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs
...................... Mata Pelajaran : Bahasa Arab |
Kelas/Semester : VII
/ 1 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit |
KD
: 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
ke : 4 |
||
Materi |
: |
التعارف الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛ |
||
A.
TUJUAN
|
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet
atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
penilaian Ø LCD
Proyektor ( bila diperlukan ) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
|
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam,
berdoa ·
Guru mengecek kehadiran peserta
didik dan memberi motivasi ·
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
Menulis (الكتابة) الأدوات المدرسية |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
Menulis (الكتابة) الأدوات المدرسية |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
Menulis (الكتابة) الأدوات المدرسية |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh
kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menulis (الكتابة) الأدوات المدرسية Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
· Guru bersama peserta
didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap : Lembar pengamatan, - Pengetahuan : LK peserta
didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||||
|
|
|||||||||