RPP 7 Ganjil 2 - Bahasa Arab
RPP Bahasa Arab bagi yang masih menggunakan kurikulum K13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
| 
   Sekolah               :  MTs
  ................. Mata Pelajaran  :  Bahasa Arab  | 
  
   Kelas/Semester       :  VII
  / 1 Alokasi Waktu         : 2 x 40 menit  | 
  
   KD          : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
  ke  : 1  | 
 ||
| 
   Materi  | 
  
   :  | 
  
   التعارف    الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛  | 
 ||
A.  
TUJUAN
  
  | 
 
B.   
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
| 
   Media : Ø Worksheet
  atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
  penilaian Ø LCD
  Proyektor ( bila diperlukan )  | 
  
   Alat/Bahan : Ø Penggaris,
  spidol, papan tulis Ø Laptop
    | 
 
| 
   PENDAHULUAN  | 
  
   ·       
  Peserta didik memberi salam,
  berdoa ·       
  Guru mengecek kehadiran peserta
  didik dan memberi motivasi  ·       
  Guru menyampaikan
  tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·       
  Guru menyampaikan
  garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran  | 
 |
| 
   KEGIATAN INTI  | 
  
   Kegiatan
  Literasi  | 
  
   Peserta didik diberi motivasi dan panduan
  untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
  tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
  menyimak (الاستماع)
  المرافق
  المدرسية  | 
 
| 
   Critical
  Thinking   | 
  
   Guru memberikan kesempatan untuk
  mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
  pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
  ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
  menyimak (الاستماع)   المرافق المدرسية  | 
 |
| 
   Collaboration  | 
  
   Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
  untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
  saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
  menyimak (الاستماع)
  المرافق
  المدرسية   | 
 |
| 
   Communication  | 
  
   Peserta didik
  mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
  mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
  kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan  | 
 |
| 
   Creativity  | 
  
   Guru dan peserta didik
  membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan menyimak (الاستماع)  المرافق المدرسية  Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
  hal-hal yang belum dipahami  | 
 |
| 
   PENUTUP  | 
  
   ·       Guru bersama peserta
  didik  merefleksikan  pengalaman belajar  ·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa  | 
 |
C.  
PENILAIAN
| 
   -        
  Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta
  didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi
  diskusi  | 
  
  | 
 |||||||
| 
   | 
  
   | 
 |||||||
  
  | 
  
   | 
 |||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
| 
   Sekolah            :  MTs
  ................. Mata Pelajaran :  Bahasa Arab  | 
  
   Kelas/Semester        :  VII
  / 1 Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit  | 
  
   KD            : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
  ke  : 2  | 
 ||
| 
   Materi  | 
  
   :  | 
  
   التعارف    الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛  | 
 ||
A.  
TUJUAN
  
  | 
 
B.   
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
| 
   Media : Ø Worksheet
  atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
  penilaian Ø LCD
  Proyektor ( bila diperlukan )  | 
  
   Alat/Bahan : Ø Penggaris,
  spidol, papan tulis Ø Laptop
    | 
 
| 
   PENDAHULUAN  | 
  
   ·       
  Peserta didik memberi salam,
  berdoa ·       
  Guru mengecek kehadiran peserta
  didik dan memberi motivasi  ·       
  Guru menyampaikan
  tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·       
  Guru menyampaikan
  garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran  | 
 |
| 
   KEGIATAN INTI  | 
  
   Kegiatan
  Literasi  | 
  
   Peserta didik diberi motivasi dan panduan
  untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
  tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
  Menyimak dan berbicara  (الحوار)
  المرافق
  المدرسية   | 
 
| 
   Critical
  Thinking   | 
  
   Guru memberikan kesempatan untuk
  mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
  pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
  ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
  Menyimak dan berbicara  (الحوار)
  المرافق
  المدرسية  | 
 |
| 
   Collaboration  | 
  
   Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
  untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
  saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
  Menyimak dan berbicara  (الحوار)
  المرافق
  المدرسية  | 
 |
| 
   Communication  | 
  
   Peserta didik
  mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
  mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
  kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan  | 
 |
| 
   Creativity  | 
  
   Guru dan peserta didik
  membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menyimak dan
  berbicara  (الحوار) المرافق
  المدرسية  Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
  hal-hal yang belum dipahami  | 
 |
| 
   PENUTUP  | 
  
   ·       Guru bersama peserta
  didik  merefleksikan  pengalaman belajar  ·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa  | 
 |
C.  
PENILAIAN
| 
   -        
  Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta
  didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi
  diskusi  | 
  
  | 
 |||||||||
  
  | 
  
   | 
 |||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
| 
   Sekolah              :  MTs
  ................. Mata Pelajaran  :  Bahasa Arab  | 
  
   Kelas/Semester        :  VII
  / 1 Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit  | 
  
   KD            : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
  ke  : 3  | 
 ||
| 
   Materi  | 
  
   :  | 
  
   التعارف    الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛  | 
 ||
A.  
TUJUAN
  
  | 
 
B.   
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
| 
   Media : Ø Worksheet
  atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
  penilaian Ø LCD
  Proyektor ( bila diperlukan )  | 
  
   Alat/Bahan : Ø Penggaris,
  spidol, papan tulis Ø Laptop
    | 
 
| 
   PENDAHULUAN  | 
  
   ·       
  Peserta didik memberi salam,
  berdoa ·       
  Guru mengecek kehadiran peserta
  didik dan memberi motivasi  ·       
  Guru menyampaikan
  tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·       
  Guru menyampaikan
  garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran  | 
 |
| 
   KEGIATAN INTI  | 
  
   Kegiatan
  Literasi  | 
  
   Peserta didik diberi motivasi dan panduan
  untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
  tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
  membaca  (القراءة)  المرافق المدرسية  | 
 
| 
   Critical
  Thinking   | 
  
   Guru memberikan kesempatan untuk
  mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
  pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
  ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
  membaca  (القراءة)  المرافق المدرسية   | 
 |
| 
   Collaboration  | 
  
   Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
  untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
  saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
  membaca  (القراءة)  المرافق المدرسية  | 
 |
| 
   Communication  | 
  
   Peserta didik
  mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
  mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
  kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan  | 
 |
| 
   Creativity  | 
  
   Guru dan peserta didik
  membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan membaca  (القراءة)  المرافق
  المدرسية  Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
  hal-hal yang belum dipahami  | 
 |
| 
   PENUTUP  | 
  
   ·       Guru bersama peserta
  didik  merefleksikan  pengalaman belajar  ·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa  | 
 |
C.  
PENILAIAN
| 
   -        
  Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta
  didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi
  diskusi  | 
  
  | 
 |||||||||
  
  | 
  
   | 
 |||||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
| 
   Sekolah                    :  MTs
  ................. Mata Pelajaran         :  Bahasa Arab  | 
  
   Kelas/Semester        :  VII
  / 1 Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit  | 
  
   KD           : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5 Pertemuan
  ke  : 4  | 
 ||
| 
   Materi  | 
  
   :  | 
  
   التعارف    الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛  | 
 ||
A.  
TUJUAN
  
  | 
 
B.   
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
| 
   Media : Ø Worksheet
  atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar
  penilaian Ø LCD
  Proyektor ( bila diperlukan )  | 
  
   Alat/Bahan : Ø Penggaris,
  spidol, papan tulis Ø Laptop
    | 
 
| 
   PENDAHULUAN  | 
  
   ·       
  Peserta didik memberi salam,
  berdoa ·       
  Guru mengecek kehadiran peserta
  didik dan memberi motivasi  ·       
  Guru menyampaikan
  tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·       
  Guru menyampaikan
  garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran  | 
 |
| 
   KEGIATAN INTI  | 
  
   Kegiatan
  Literasi  | 
  
   Peserta didik diberi motivasi dan panduan
  untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
  tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan
  Menulis  (الكتابة)  المرافق المدرسية  | 
 
| 
   Critical
  Thinking   | 
  
   Guru memberikan kesempatan untuk
  mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
  pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
  ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan
  Menulis  (الكتابة)  المرافق المدرسية   | 
 |
| 
   Collaboration  | 
  
   Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
  untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
  saling bertukar informasi mengenai Keterampilan
  Menulis  (الكتابة)  المرافق المدرسية   | 
 |
| 
   Communication  | 
  
   Peserta didik
  mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan
  pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh
  kelompok atau individu yang mempresentasikan  | 
 |
| 
   Creativity  | 
  
   Guru dan peserta didik
  membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menulis  (الكتابة) المرافق المدرسية  Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
  hal-hal yang belum dipahami  | 
 |
| 
   PENUTUP  | 
  
   ·       Guru bersama peserta
  didik  merefleksikan  pengalaman belajar  ·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat ·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa  | 
 |
C.  
PENILAIAN
| 
   -        
  Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta
  didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi
  diskusi  | 
  
  | 
 |||||||||
  
  | 
  
   | 
 |||||||||