RPP 7 Ganjil 2 - Bahasa Arab

 RPP Bahasa Arab bagi yang masih menggunakan kurikulum K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah               : MTs .................

Mata Pelajaran  : Bahasa Arab

Kelas/Semester       :  VII / 1

Alokasi Waktu         : 2 x 40 menit

KD          : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5

Pertemuan ke  : 1

Materi

:

التعارف    الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛

 

A.   TUJUAN

 

  • Keterampilan menyimak (الاستماع)  المرافق المدرسية
  • Keterampilan berbicara  (الحوار) المرافق المدرسية
  • Keterampilan membaca  (القراءة) المرافق المدرسية
  • Keterampilan menulis  (الكتابة) المرافق المدرسية

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor ( bila diperlukan )

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan menyimak (الاستماع) المرافق المدرسية

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan menyimak (الاستماع)   المرافق المدرسية

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Keterampilan menyimak (الاستماع) المرافق المدرسية

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan menyimak (الاستماع)  المرافق المدرسية

Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 

C.   PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Gresik,  .............

Kepala Sekolah   

Guru Mata Pelajaran

 

 

......................

NIP.

 

 

 

......................

NIP.

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah            : MTs .................

Mata Pelajaran : Bahasa Arab

Kelas/Semester        :  VII / 1

Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit

KD            : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5

Pertemuan ke  : 2

Materi

:

التعارف    الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛

 

A.   TUJUAN

 

  • Keterampilan menyimak (الاستماع)  المرافق المدرسية
  • Keterampilan berbicara  (الحوار) المرافق المدرسية
  • Keterampilan membaca  (القراءة) المرافق المدرسية
  • Keterampilan menulis  (الكتابة) المرافق المدرسية

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor ( bila diperlukan )

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan Menyimak dan berbicara  (الحوار) المرافق المدرسية

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan Menyimak dan berbicara  (الحوار) المرافق المدرسية

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Keterampilan Menyimak dan berbicara  (الحوار) المرافق المدرسية

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menyimak dan berbicara  (الحوار) المرافق المدرسية

Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 

C.   PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Gresik,  .............

Kepala Sekolah   

Guru Mata Pelajaran

 


......................

NIP.

 

 

 

......................

NIP.

 

 

 

 

  

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah              : MTs .................

Mata Pelajaran  : Bahasa Arab

Kelas/Semester        :  VII / 1

Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit

KD            : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5

Pertemuan ke  : 3

Materi

:

التعارف    الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛

 

A.   TUJUAN

 

  • Keterampilan menyimak (الاستماع)  المرافق المدرسية
  • Keterampilan berbicara  (الحوار) المرافق المدرسية
  • Keterampilan membaca  (القراءة) المرافق المدرسية
  • Keterampilan menulis  (الكتابة) المرافق المدرسية

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor ( bila diperlukan )

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan membaca  (القراءة)  المرافق المدرسية

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan membaca  (القراءة)  المرافق المدرسية

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Keterampilan membaca  (القراءة)  المرافق المدرسية

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan membaca  (القراءة)  المرافق المدرسية

Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 

C.   PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Gresik,  .............

Kepala Sekolah   

Guru Mata Pelajaran

 

 

......................

NIP.

 

 

 

......................

NIP.

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    : MTs .................

Mata Pelajaran         : Bahasa Arab

Kelas/Semester        :  VII / 1

Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit

KD           : 3.1,3.2,3.3 &4.1, 4.2, 4.3,4.4, 4.5

Pertemuan ke  : 4

Materi

:

التعارف    الأدوات المدرسية ؛ المرافق المدرسية ؛

 

A.   TUJUAN

 

  • Keterampilan menyimak (الاستماع)  المرافق المدرسية
  • Keterampilan berbicara  (الحوار) المرافق المدرسية
  • Keterampilan membaca  (القراءة) المرافق المدرسية
  • Keterampilan menulis  (الكتابة) المرافق المدرسية

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor ( bila diperlukan )

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Keterampilan Menulis  (الكتابة)  المرافق المدرسية

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Keterampilan Menulis  (الكتابة)  المرافق المدرسية

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Keterampilan Menulis  (الكتابة)  المرافق المدرسية

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keterampilan Menulis  (الكتابة) المرافق المدرسية

Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 

C.   PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Gresik,  .............

Kepala Sekolah   

Guru Mata Pelajaran

 

 

......................

NIP.

 

 

 

......................

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url