Habib Salim As Syatiri Hadramaut dan Guyonan Nahwunya

الشّاطري يُمَازحُنا عن علمِ النّحو
As Syatiri dan Guyonanya tentang Nahwu


Beliau Habib Salim As Syatiri terkenal dengan kealimanya dibidang fikih,hadits ilmu alat dan lainya bahkan beliau dikenal dengan Sulthonul Ulama' beliau adalah Guru mulia kami tatkala menimba ilmu syariah di Tarim al Ghonna, singkat cerita suatu saat kami berkunjung ke eumah beliau, dirumah beliau kami disambut layaknya keluarga sendiri, obrolan pun mulai mewarnai silaturrahim kami dengan beliau. ditengah tengah ngobrol beliau bertanya kepada kami, هل عرفتم الفاعل؟ kamipun menjawab عرفنا يا حبيب kemudian salah satu diantara kami menyebutkan definisi Fa'il dan menyebutkan Bait Alfiyah dan Maqsud, beliaupun mengangguk kemudian beliau kembali berbicara dan mengatakan barang siapa yang bisa menjawab pertanyaanku maka kitab ini, beliau menunjuk kitab yang berjilid jilid (kalau g salah ada sekitar 8 atau 9 jilid),  bisa kamu bawa pulang, kamipun berebut angkat tangan layaknya anak kecil yang rebutan permen, akhirnya beliau menyebutkan pertanyaanya " مات ميت, اين الفاعل kami pun menjawab satu persatu. dan jawaban kami pastilah benar menurut keyakinan kami sesuai yang kami pelajari, akan tetapi beliau mengatakan jawabanmu bisa benar jika kamu bisa menjelaskan kenapa pilih ميت sebagai Fa'il padahal fa'il adalah pelaku, dan pelaku haruslah hidup padahal disini dia mati, mendengar ucapan beliau tiada satupun diantara kami yang menjawab, akhirnya beliau mengatakan, seharusnya kalian menjawab ميِّتٌ memang fa'il dan dia tidak mati tapi masih hidup, kamipun bergegas menampik ucapan beliau kok bisa كيف يكون سا حبيب beliaupun menjawab. jika ميّت bertasydid maka dia masih hidup (akan mati) namun jika ميْت pakai sukun maka dia jelas sudah mati. kemudian beliau melanjutkan dengan memperkuat ucapan beliau menggunakan dalil alquran dan syair. adapun ayat alqur'anya adalah :
إنّك ميّت وإنهم ميّتون dan syairnya :
أيا ساءل تفسير الميْت ميِّت
خذه فقد فسّرت ما عنه تسأل
فما كان ذا روح فذاك ميِّتٌ
وما الميْتُ إلاّ من الی القبور يُحْمَلُ
 demikianlah, disela sela berguraupun kami mendapatkan ilmu yang mungkin belum ada kitab yang membahas tentang masalah tersebut, walhasil beliau benar benar Guru mulia kami, syaikh futuh kami. beruntung kami pernah menimba ilmu dengan beliau,
semoga Allah SWT. selalu memberi Rahmat kepada beliau, semoga beliau berada disyurga dekat dengan Kakek beliau Baginda Nabi Muhammad SAW. Amin.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • zahzahla
    zahzahla 6 September 2021 pukul 17.04

    Kayaknya syairnya ada yg salah tulis. Mungkin yg benar ini
    أيا سائلي تفسير ميت وميت***فدونك قد فسرت ما عنه تسأل

    فما كان ذا روح فذلك ميت***وما الميت إلا من إلى القبر يحمل
    والله أعلم بالصواب

Add Comment
comment url