RPP Bahasa Arab Kalam Kelas 7 Ganjil K13 Revisi

ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN :  MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik
MATA PELAJARAN        :  Bahasa Arab
KELAS/SEMESTER        :  VII / Ganjil
TAHUN PELAJARAN     : ........................
MATERI POKOK            التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
PERTEMUAN KE           : 1
ALOKASI WAKTU         :  2 x 40
                                                        
KOMPETENSI INTI 

KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di madrasah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR
1.1      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman  yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsic) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topikالتعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسةsesuai struktur bahasa dan konteks bacaan

INDIKATOR PENCAPAIAN
2.2.2.1 Memiliki motifasi yang tinggi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa
4.4.1.1 Menirukan contoh  ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawaban yang benar
4.4.1.2 Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawaban yang benar
4.4.1.3 Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui metode penugasan, demonstrasi, dan ceramah bervariasipeserta didik dapat:
1.      Menirukan contoh  ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawaban yang benar
2.      Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawaban yang benar
3.      Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar

D. Materi Pembelajaran
التعريف بالنفس مع اصحابهم في الفصل
التعريف بالنفس مع رفيق المكتب
التعريف بالنفس مع العاملين في المدرسة
ضمائر المفرد : هو ، هي ، أنت ، أنت ، أنا ، نحن.
اسم إشارة : هذا ، هذه ، ذلك ، تلك
جملة مفيدة : جملة اسمية (مبتدأ و خبر )
E.Metode Pembelajaran
            1. Pendekatan             : Saintifik
            2. Model Pembelajaran : kooperatif
            3. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Penugasan, Unjukkerja (Ekspositori )

F.Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      MediadanAlatperaga
·         Laptop dan LCD
·         Gambarsiswaberkenalan
·         ATK
2.      Sumber Belajar
·         Literatur : Erlangga .A.Syekhuddin & Hasan Saefullah, AYO MEMAHAMI BAHASA ARAB KELAS VII. 2008.
·         Guru, siswa dan pegawai.
·         Lingkungan sekitar: nama dan lokasi lingkungan sekolah.

G.Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
1)      Guru memberi salam.
2)      Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin berdoa.
3)      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
4)      Guru danpesertadidikbersama-samamembaca Qur’an surat Al-Hujuratayat 13, ygberkaitandengantemaTa’aruf.
5)      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
6)      Guru memberi motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh khiwar ta’aruf.
7)      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai
8)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
9)      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
10)  Peserta didik mengamati gambar yang di tampilkan guru/diprogramkan guru
11)  Peserta didik berdiskusi tentang gambar /contoh tanya jawab yang diamati dengan panduan guru.
12)  Peserta didik menirukan / melafalkan contoh ungkapan pertanyaan dan jawaban yang diperdengarkan atau diperlihatkan

Merumuskan Pertanyaan
13)  Guru memberikan stimulus kepada peserta didik tentang gambar yang telah di amati.
14)  Peserta didik secara lisan menanyakan nama-nama orang yang ada dalam gambar.

Mengumpulkan Data atau Informasi
15)  Secara lisan, peserta didik mendeskripsikan nama dalam gambar dipandu guru.
16)  Peserta didik secara lisan mendeskripsikan nama-nama orang dengan struktur kalimat dhomir muttasil mufrod

Menganalisa Data atau Informasi dan Membuat Kesimpulan
17)  Peserta didik mencari contoh percakapan dalam buku
18)  Peserta didik menyusun kalimat tanya jawab pertanyaan dengan teman dalam kelompok

Mengkomunikasikan
19)  Peserta didik mendemonstrasikan percakapan secara berpasangan
20)  Guru memberi umpan balik terhadap pemahaman konsep peserta didik tentang materi yang dipelajari.

Penutup (15 menit)
21)  Peserta didik dan guru mengadakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
22)  Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
23)  Guru memberikan penugasan mandiri (Menulis deskripsi tentang memperkenalkan keluarga)
24)  Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya,
25)  Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

H. TEKNIK PENILAIAN, BENTUK DAN INSTRUMEN PENILAIAN :

1.      Penilaiansikapdenganteknikobservasidan peer assessment
2.      Penilaianpengetahuandengantekniktestulisuraian.
3.      PenilaianKetrampilandenganteknikunjukkerjadanpenugasan
a.     Penilaian Sikap
1)   Teknik                                   :  Observasidan peer assessment
2)   Bentuk Instrumen                 :  Lembar Pengamatan
3)   Instrumen                              :

No.
NamaSiswa
AspekSikap Yang Dinilai
JmlSkor
Nilai
Predikat
Spiritual
Sosial
1
2
3
4

















































































Keterangan :

Aspeksikap yang dinilai :Sikap Spiritual danSikapSosialterdiriatas:
( 1. SikapDisiplin,     2. SikapKerjasama, 3. Jujur, 4. Santun,)

AspekSikap Yang Dinilai
Deskripsi
Skor
Predikat

Spiritual, indikatornya :
·       Mengucapkan / menjawabsalam
·       Berdo,a
·       Mensyukurinikmat
·       Khusu dalam beribadah


A.      Sangatbaikapabilapesertadidikmelaksanakan 4 indikatorsecarakonsisten
B.      Baikapabilapesertadidikmelaksanakan 3 indikator
C.      Cukupapabilapesertadidikmelaksanakan 2 indikator
D.      Kurangbaikapabilahanyamelaksanakan 1 indikator


4

3

2

1

A

B

C

D

Disiplin, indikatornya :
·       Disiplinwaktu
·       Disiplindalampenampilan
·       Tertibdalam proses pembelajaran
·       Disiplindalammelaksanakantugas

A.      Sangatbaikapabilapesertadidikmelaksanakan 4 indikatorsecarakonsisten
B.      Baikapabilapesertadidikmelaksanakan 3 indikator
C.      Cukupapabilapesertadidikmelaksanakan 2 indikator
D.      Kurangbaikapabilahanyamelaksanakan 1 indikator


4


3

2

1

A


B

C

D

Kerjasama, indikatornya :
·       Berpartisipasiaktifdalampembelajaran
·       Salingmembantudalampembelajaran
·       Salingpengertiandalampelaksanaantugas
·       Berbagitugasdalampresentasi


A.      Sangatbaikapabilapesertadidikmelaksanakan 4 indikatorsecarakonsisten
B.      Baikapabilapesertadidikmelaksanakan 3 indikator
C.      Cukupapabilapesertadidikmelaksanakan 2 indikator
D.      Kurangbaikapabilahanyamelaksanakan 1 indikator


4

3

2

1

A

B

C

D

Jujur, indikatornya :
·       Karya bukan plagiat
·       Mengerjakan tes
·       Dalam perkataan
·       Dalam perbuatan


A.      Sangatbaikapabilapesertadidikmelaksanakan 4 indikatorsecarakonsisten
B.      Baikapabilapesertadidikmelaksanakan 3 indikator
C.      Cukupapabilapesertadidikmelaksanakan 2 indikator
D.      Kurangbaikapabilahanyamelaksanakan 1 indikator


4

3

2

1

A

B

C

D

Santun, indikatornya ;
·       Bertanya
·       Menyajikan materi
·       Berpendapat
·       Menjawab


A.      Sangatbaikapabilapesertadidikmelaksanakan 4 indikatorsecarakonsisten
B.      Baikapabilapesertadidikmelaksanakan 3 indikator
C.      Cukupapabilapesertadidikmelaksanakan 2 indikator
D.      Kurangbaikapabilahanyamelaksanakan 1 indikator


4

3

2

1

A

B

C

D

Penskoran :
1.    Skortertinggisetiapaspek                   = 4
2.    Skor ideal                                          = 24
3.    Nilai                                                  = Skorperolehan/Skor ideal

b.      Penilaian Pengetahuan
1)   Teknik                              :  Tes Tertulis
2)   Bentuk Instrumen                        :  Uraian
3)   Instrumen                         :

Soal Uraian
No
Soal
Skormaksimal
1.
من انت ؟ / ما اسمك ؟ ......
15
2.
كيف حالك ؟ .....
15
3.
من أين أنت ؟ ....
20
4.
هل أنت تلميذ/ة جديد/ة في هذه المدرسة ؟ ...
20
5
من أي مدرسة خرجت ؟ ....
30

KunciJawaban
1.     أنا حكيم / اسمي نيـل
2.     الحمدلله إني بخير وعافية
3.     أنا من باتو جاوى الشرقية
4.     نعم أنا تلميذ/ة جديد/ة في هذه المدرسة
5.     خرجت من المدرسة الإبتدائية  .....
Pedoman Penskoran :
Soal no. 1dan 2
Aspek
Skor
Siswa menjawabsoaluraian
         Jawaban sempurna
15
         Jawaban kurang sempurna
10
         Jawaban tidak sempurna
5
SKOR MAKSIMAL
15

Pedoman Penskoran :
Soal no. 3dan 4
Aspek
Skor
Siswamenjawabsoaluraian
         Jawaban sempurna
20
         Jawaban kurang sempurna
14
         Jawaban tidak sempurna
5
SKOR MAKSIMAL
20

Pedoman Penskoran :
Soal no. 5
Aspek
Skor
Siswa menjawabsoaluraian
         Jawaban sempurna
30
         Jawaban kurang sempurna
20
         Jawaban tidak sempurna
10
SKOR MAKSIMAL
30
Pedoman Penilaian
Nilai  =      Skor perolehan  X 100
                           Skor maksimal

c. PenilaianKeterampilan
1.    Teknik                     : Penilaiaian tes
2.    Bentuk instrumen   :Rubrik penilaian unjuk kerja

Lembar Pengamatan Unjuk Kerja: Kegiatan Percakapan

No

Nama

Aspek Penilaian

Jumlah bobot

Keterangan

Kefasihan
Penggunaan Bahasa
Pelafalan
Intonasi

























































Keterangan:
No
Aspek
Keterangan
Skor
Bobot
1
Kefasihan
Membaca fasih bisa dipahami
3
30
Membaca kurang fasih tapi bisa dipahami
2
Membaca tidak fasih tidak bisa dipahami
1
2
Pelafalan
Pelafalan bagus bisa dipahami
4
25
Pelafalan kurang bagus tapi masih bisa dipahami
3
Pelafalan kurang bagus tapi tidak bisa dipahami
2
Pelafalan tidak bagus dan tidak bisa dipahami
1
3

Intonasi
Intonasi tepat
3
10
Intonasi kurang tepat
2
Intonasi tidak tepat
1
4
Penggunaan Bahasa
Mengunakan struktur kalimat dengan tepat
3
35
Mengunakan struktur kalimat kurang tepat
2
Mengunakan struktur kalimat tidak tepat
1


Pedoman  penskoran :
4        = Baik Sekali (80 s/d 100%)
3        = Baik (60 s/d 79%)
2        = Cukup(30 s/d 59%)
1        =Kurang.( 0 s/d 29%)
Pedoman Penilaian
                           Skor perolehan
    Nilai               _________________X 100
                        Skor maksimal

PenilaianHasilpenugasan (Testulis)

No

Nama

Aspek Penilaian

Jumlah bobot

Keterangan

Strukturkalimat
Mufrodat
Ketepatanpenuulisan


















































Keterangan:
No
Aspek
Keterangan
Skor
Bobot
1
Strukturkalimat
Strukturkalimat yang digunakansangattepat
3
30
Strukturkalimat yang digunakancukuptepat
2
Strukturkalimat yang digunakanbelumtepat
1
2
Mufrodat
Mufrodat yang digunakansangattepat
4
40
Mufrodat yang digunakancukuptepat
3
Mufrodat yang digunakanbelumtepat
2
Mufrodat yang digunakantidaktepat
1
3

Ketepatanpenulisan
Penulisansangattepat
3
30
Penulisanbelum tepat
2
penulisankurang tepat
1

Pedoman Penilaian
                           Skor perolehan
    Nilai               _________________X 100
                        Skor maksimal




Gresik,…………….2019
Mengetahui,
Kepala MTs Ihyaul Ulum                                              Guru Mata Pelajaran

…………………….                                                      ……………………….























                                                                                                                    

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url