RPP Bahasa Arab Kitabah Kelas 7 Ganjil K13 Revisi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
:
MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik
Mata Pelajaran
:
Bahasa Arab
Kelas
:
7
Semester
:
2
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit (2 jam pelajaran)
Tema
:
At-ta’rif bin nafsi
Maharah
:
Kitaabah
Kompetensi Inti
:

Sikap
:
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya


2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Pengetahuan
:
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Keterampilan
:
4.        Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
:
4.4.     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat (Kitabah)
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
4.4.1.  Melengkapi kalimat bahasa Arab  dengan kata dan ungkapan yang tepat.
4.4.2.  Menyusun kalimat acak   menjadi  suatu paragraf yang benar
















Tujuan Pembelajaran
:
·      Siswa dapat melengkapi kalimat bahasa Arab dengan kata dan ungkapan yang tepat
·      Siswa dapat menyusun kalimat acak menjadi suatu paragraf yang benar






Materi Pembelajaran
:
اسم ضمير مفرد   :  أنا , أنتَ , أنتِ , هو , هى                 
اسم اشارة مفرد    : هذا , هذه , ذلك , تلك                               
               

                                                     Teks
Metode Pembelajaran
:
·       
Kegiatan Pembelajaran
:
Kegiatan Awal
1.       Guru mengucapkan salam kepada para siswa
2.       Peserta didik menjawab salam
3.       Guru mengecek presensi peserta didik
4.       Guru mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok

Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik melihat dan mengamati teks bacaan yang di tunjukkan oleh guru
2.      Peserta didik mengungkapkan hal-hal yang di ketahui tentang tata bahasa yang ada dalam teks
3.      Peserta didik melengkapi kalimat bahasa arab dengan tepat dan benar
4.      Peserta didik menyusun kalimat acak

Mempertanyakan
5.      Peserta didik membaca teks bacaan
6.      Peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan teks
7.      Dengan bimbingan guru, peserta didik mempertanyakan struktur kalimat

Mengeksplorasi
8.      Peserta didik melengkapi kalimat yang belum sempurna menjadi kalimat yang benar dan dapat dipahami
9.      Peserta didik menyusun kata acak menjadi satu kalimat yang benar dan dapat dipahami

Mengasosiasi
10.   Secara berkelompok siswa membuat analisis teks sesuai dengan tata bahasa yang sudah dipelajari
11.   Setiap kelompok mengelompokkan antara isim dhomir dan isim isyaroh

Mengomunikasikan
12.   Siswa secara berkelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
13.   Secara bergantian kelompok satu menanggapi hasil dari kelompok lain


Kegiatan Akhir
1.      Guru bersama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat kesimpulan pelajaran
2.      Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah di laksanakan secara konsisten dan terprogram

Media Belajar
:
·      Teks
·      Lembar kerja
Sumber Belajar
:
·      Buku Paket Bahasa Arab
Penilaian
:
Bentuk  tes : tes tulis



Bentuk instrumen
:
Skala Penilaian

  1. Lengkapilah kalimat rumpang berikut dengan kata yang sesuai!
هذا احمد  . . . صديقى                 
. . .  طا لب , اسمى الياس            
تلك محمودة . . .   تلميذة             
من اين . . . يا فاطمة ؟                
  1.  Susunlah kata berikut menjadi kalimat sempurna!
 طالبة – انا – امينة – اسمى                 
هذه – هى - ؟ - صديقتى – من – هذه           
               مدرس – اسمى – انا – محمد                
عائشة – و هذا – هذه – هو – يوسف           





Media Belajar
:
·      Gambar Denah Rumah
·      Kartu Gambar
·      Kartu Kata
Sumber Belajar
:
·      Buku Teks Bahasa Arab
·      Buku paket lain yang relevan
·      Nara Sumber
Penilaian
:
Lembar Observasi yang berisi kemampuan siswa melafalkan kosa kata baru,
 kalimat sederhana dan materi hiwar  dengan lafal dan intonasi yang tepat dan benar
Teknik
:
·      Tes Tulis
·      Tes Unjuk Kerja
Bentuk instrumen
:
Skala Penilaian


Instrumen Penilaian
1.       Ucapkan mufradat berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat dan benar !
Pedoman Penskoran
No
Nama
Jelas
Fasih
Total
Nilai Akhir
Ket
1
Annas
4
4
8
100
Tuntas
2
Shofi
4
3
7
88
Tuntas
3
Mirza
3
3
6
75
Tuntas
4
Biya
3
1
4
50
Tidak Tuntas
Nilai Akhir = Total x 100
           8
 
Keterangan            :
4    : baik
3    : cukup
2    : kurang
1    : sangat kurang
2.       Ucapkan kalimat berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat dan benar !
Pedoman Penskoran
No
Nama
Jelas
Fasih
Lancar
Total
Nilai Akhir
Ket
1
Annas
4
4
4
12
100
Tuntas
2
Shofi
4
3
3
10
83
Tuntas
3
Mirza
3
3
3
9
75
Tuntas
4
Biya
3
2
1
6
50
Tidak Tuntas
Keterangan            :
4    : baik
3    : cukup
2    : kurang
1    : sangat kurang

Nilai Akhir = Total x 100
           12


3.       Demokan materi hiwar berikut berpasang-pasangan dengan lafal dan intonasi yang tepat dan benar !
Pedoman Penskoran
No
Nama
Jelas
Fasih
Lancar
Intonasi
Total
Nilai Akhir
Ket
1
Annas
4
4
4
3
15
94
Tuntas
2
Shofi
4
3
3
3
13
81
Tuntas
3
Mirza
3
3
3
3
12
75
Tuntas
4
Biya
3
2
2
2
7
44
Tidak Tuntas
Keterangan            :
4    : baik
3    : cukup
2    : kurang
1    : sangat kurang

Nilai Akhir = Total x 100
          16

4.       Penilaian proses: penilaian dilakukan partisipasi dengan siswa selama pembelajaran.
Penilain Afektif
Nama siswa
keaktifan
Minat siswa
Kerja sama
Total
Nilai akhir
Ket
Annas
4
4
3
12
100
Tuntas
Shofi
4
3
2
9
75
Tuntas
Biya
3
2
2
7
58.3
Tidak Tuntas
Keterangan            :
4    : baik
3    : cukup
2    : kurang
1    : sangat kurang


Nilai Akhir = Total x 100
           12




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url