RPP Bahasa Arab Qiro'ah Kelas 7 Ganjil K13 Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA ARAB
SATUAN PENDIDIKAN : MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik
KELAS/SEMESTER : VII /
I
MAHAROH : Qiroah
MATERI POKOK : التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
PERTEMUAN
KE : 1
ALOKASI WAKTU : 2 x 40
KOMPETENSI INTI
KI.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama Islam
KI.2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI.3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
madrasah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa
pengantar khazanah keislaman yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
3.2 Melafalkan bunyi huruf
,kata,frasa,dan kalimat bahasa arab yang berkaitan dengan التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
INDIKATOR PENCAPAIAN
2.2.2.1 Memiliki motifasi yang tinggi dalam mengembangkan
kemampuan berbahasa
3.3.1.1 Membaca teks khiwar tentang
التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة yang
berkaitan dengan mufrodat baru
3.3.2.1Menirukan mufrodat-mufrodat tentangtentang التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
3.3.2.2Menyusunkalimat sederhana tentang التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
4.4.1.1 Membuat ungkapan sederhana tentang التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
4.4.1.2 Membuat paragraf / khiwar sederhana tentang التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
4.4.1.3
Mendemonstrasikan ungkapan sederhana
tentang التعريف
بالنفس وبالعاملين في المدرسة
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui metode penugasan, demonstrasi, dan ceramah bervariasi peserta
didik dapat:
1.
Mengidentifikasi bunyi mufrodat,frase
dan kalimat bahasa arab,
2.
Melakukan percakapan dengan menggunakan kalimat seederhana yang berkaitan dengan التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة
3.
Mengidentifikasi dan memodifikasi struktur teks خبر مقدم + مبتداء مؤخر + نعتbaik secara lisan maupun tertulis dengan tepat dan benar.
D.
Materi Pembelajaran
التعريف بالنفس مع اصحابهم في الفصل
التعريف بالنفس مع رفيق المكتب
التعريف بالنفس مع العاملين في
المدرسة
ضمائر المفرد : هو ، هي ، أنت ، أنت ، أنا ، نحن.
اسم إشارة : هذا ، هذه ، ذلك ، تلك
جملة مفيدة : جملة اسمية (مبتدأ و خبر
)
E.Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :
kooperatif
3. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Penugasan, Unjuk kerja (Ekspositori )
F.Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media dan Alatperaga
·
Laptop dan LCD
·
Gambar siswa berkenalan
·
ATK
2.
Sumber Belajar
·
Buku.
·
Guru, siswa
·
Lingkungan sekitar : nama dan lokasi lingkungan sekolah.
G.Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru memberi salam.
2)
Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin berdoa.
3)
Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
4)
Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran
5)
Guru memberi motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
khiwar ta’aruf.
6)
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan
dicapai
7)
Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai
silabus.
8)
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
9)
Peserta didik mengamati gambar yang di tampilkan guru
10)
Peserta didik berdiskusi tentang gambar yang diamati dengan panduan
guru.
Merumuskan Pertanyaan
11)
Guru memberikan stimulus kepada peserta didik tentang gambar yang
telah di amati.
12)
Peserta didik secara lisan menanyakan nama-nama orang yang ada
dalam gambar.
Mengumpulkan Data atau Informasi
13)
Secara lisan, peserta didik mendeskripsikan nama dalam gambar
dipandu guru.
14)
Peserta didik secara lisan mendeskripsikan nama-nama orang dengan
struktur kalimat dhomir muttasil mufrod
Menganalisa Data atau Informasi dan
Membuat Kesimpulan
15)
Peserta didik mencari contoh percakapan dalam buku
16)
Peserta didik menyusun kalimat tanya jawab pertanyaan dengan teman
dalam kelompok
Mengkomunikasikan
17)
Peserta didik mendemonstrasikan percakapan secara berpasangan
18)
Guru memberi umpan balik terhadap pemahaman konsep peserta didik
tentang materi yang dipelajari.
Penutup (15 menit)
19)
Peserta didik dan guru mengadakan refleksi terhadap kegiatan
pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
20)
Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
21)
Guru memberikan penugasan mandiri (membaca wacana tentang
memperkenalkan keluarga)
22)
Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya,
23)
Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.
H. TEKNIK PENILAIAN, BENTUK DAN
INSTRUMEN PENILAIAN :
1.
Penilaian sikap dengan teknik observasi dan peer assessment
2. Penilaian pengetahuan dengan teknik tes tulis uraian.
3. Penilaian Ketrampilan dengan tekni kunjuk kerja dan penugasan
a.
Penilaian Sikap
1)
Teknik : Observasidan peer assessment
2)
Bentuk Instrumen : Lembar Pengamatan
3)
Instrumen :
No
|
NamaSiswa
|
AspekSikap
Yang Dinilai
|
Jml Skor
|
Nilai
|
Predikat
|
||||
Spiritual
|
Sosial
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Aspek sikap yang dinilai :Sikap Spiritual dan Sikap Sosial terdiri atas:
( 1. Sikap Disiplin, 2. Sikap Kerjasama,
3. Jujur, 4. Santun,)
AspekSikap Yang Dinilai
|
Deskripsi
|
Skor
|
Predikat
|
Spiritual,
indikatornya :
·
Mengucapkan /
menjawabsalam
·
Berdo,a
·
Mensyukuri nikmat
·
Khusu dalam beribadah
|
A.
Sangat baik apabila
peserta didik melaksanakan 4 indikator secara konsisten
B.
Baik apabila peserta
didik melaksanakan 3 indikator
C.
Cukup apabila
peserta didik melaksanakan 2 indikator
D.
Kurang baik apabila
hanya melaksanakan 1 indikator
|
4
3
2
1
|
A
B
C
D
|
Disiplin,
indikatornya :
·
Disiplin waktu
·
Disiplin dalam
penampilan
·
Tertib dalam
proses pembelajaran
·
Disiplin dalam
melaksanakan tugas
|
A.
Sangat baik apabila
peserta didik melaksanakan 4 indikator secara konsisten
B.
Baik apabila peserta
didik melaksanakan 3 indikator
C.
Cukup apabila
peserta didik melaksanakan 2 indikator
D.
Kurang baik apabila
hanya melaksanakan 1 indikator
|
4
3
2
1
|
A
B
C
D
|
Kerjasama,
indikatornya :
·
Berpartisipasi
aktif dalam pembelajaran
·
Saling membantu
dalam pembelajaran
·
Saling pengertian
dalam pelaksanaan tugas
·
Berbagi tugas
dalam presentasi
|
A.
Sangat baik apabila
peserta didik melaksanakan 4 indikator secara konsisten
B.
Baik apabila peserta
didik melaksanakan 3 indikator
C.
Cukup apabila
peserta didik melaksanakan 2 indikator
D.
Kurang baik apabila
hanya melaksanakan 1 indikator
|
4
3
2
1
|
A
B
C
D
|
Jujur,
indikatornya :
·
Karya bukan plagiat
·
Mengerjakan tes
·
Dalam perkataan
·
Dalam perbuatan
|
A.
Sangat baik apabila
peserta didik melaksanakan 4 indikator secara konsisten
B.
Baik apabila peserta
didikmelaksanakan 3 indikator
C.
Cukup apabila
peserta didik melaksanakan 2 indikator
D.
Kurang baik apabila
hanya melaksanakan 1 indikator
|
4
3
2
1
|
A
B
C
D
|
Santun, indikatornya ;
· Bertanya
· Menyajikan materi
· Berpendapat
· Menjawab
|
A.
Sangat baik apabila
peserta didik melaksanakan 4 indikator secara konsisten
B.
Baik apabila peserta
didik melaksanakan 3 indikator
C.
Cukup apabila
peserta didik melaksanakan 2 indikator
D.
Kurang baik apabila
hanya melaksanakan 1 indikator
|
4
3
2
1
|
A
B
C
D
|
Penskoran :
1.
Skor tertinggi setiap
aspek = 4
2.
Skor ideal = 24
3.
Nilai =
Skor perolehan/Skor
ideal
b.
Penilaian Pengetahuan
1)
Teknik : Tes Tertulis
2)
Bentuk Instrumen : Uraian
3)
Instrumen :
Soal
Uraian
No
|
Soal
|
Skor maksimal
|
1.
|
من انت ؟ / ما اسمك ؟ ......
|
15
|
2.
|
كيف حالك ؟ .....
|
15
|
3.
|
من أين أنت ؟
....
|
20
|
4.
|
هل أنت تلميذ/ة جديد/ة في هذه المدرسة ؟ ...
|
20
|
5
|
من أي مدرسة خرجت ؟ ....
|
30
|
KunciJawaban
1. أنا حكيم / اسمي نيـل
2. الحمدلله إني بخير وعافية
3. أنا من باتو جاوى الشرقية
4. نعم أنا تلميذ/ة جديد/ة في هذه المدرسة
خرجت من المدرسة الإبتدائية . 5
Pedoman
Penskoran :
Soal
no. 1dan 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawabsoaluraian
|
|
Jawaban sempurna
|
15
|
Jawaban kurang sempurna
|
10
|
Jawaban tidak sempurna
|
5
|
SKOR MAKSIMAL
|
15
|
Pedoman
Penskoran :
Soal
no. 3dan 4
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab soal uraian
|
|
Jawaban sempurna
|
20
|
Jawaban kurang sempurna
|
14
|
Jawaban tidak sempurna
|
5
|
SKOR MAKSIMAL
|
20
|
Pedoman
Penskoran :
Soal
no. 5
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab soal uraian
|
|
Jawaban sempurna
|
30
|
Jawaban kurang sempurna
|
20
|
Jawaban tidak sempurna
|
10
|
SKOR MAKSIMAL
|
30
|
Pedoman Penilaian
Nilai = Skor perolehan X 100
Skor maksimal
c. PenilaianKeterampilan
1.
Teknik : Penilaiaian tes
2.
Bentuk instrumen :Rubrik penilaian unjuk kerja
Lembar
Pengamatan Unjuk Kerja: Kegiatan Percakapan
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah bobot
|
Keterangan
|
|||
Kefasihan
|
Penggunaan Bahasa
|
Pelafalan
|
Intonasi
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
No
|
Aspek
|
Keterangan
|
Skor
|
Bobot
|
1
|
Kefasihan
|
Membaca fasih bisa dipahami
|
3
|
30
|
Membaca kurang fasih tapi bisa dipahami
|
2
|
|||
Membaca tidak fasih tidak bisa dipahami
|
1
|
|||
2
|
Pelafalan
|
Pelafalan
bagus bisa dipahami
|
4
|
25
|
Pelafalan
kurang bagus tapi masih bisa dipahami
|
3
|
|||
Pelafalan
kurang bagus tapi tidak bisa dipahami
|
2
|
|||
Pelafalan
tidak bagus dan tidak bisa dipahami
|
1
|
|||
3
|
Intonasi
|
Intonasi
tepat
|
3
|
10
|
Intonasi
kurang tepat
|
2
|
|||
Intonasi
tidak tepat
|
1
|
|||
4
|
Penggunaan
Bahasa
|
Mengunakan
struktur kalimat dengan tepat
|
3
|
35
|
Mengunakan
struktur kalimat kurang tepat
|
2
|
|||
Mengunakan
struktur kalimat tidak tepat
|
1
|
Pedoman penskoran :
4 =
Baik Sekali (80 s/d 100%)
3 =
Baik (60 s/d 79%)
2 =
Cukup(30 s/d 59%)
1 =Kurang.(
0 s/d 29%)
Pedoman Penilaian
Skor perolehan
Nilai _________________X 100
Skor
maksimal
Penilaian Hasil penugasan (Testulis)
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah bobot
|
Keterangan
|
||
Strukturkalimat
|
Mufrodat
|
Ketepatanpenuulisan
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
No
|
Aspek
|
Keterangan
|
Skor
|
Bobot
|
1
|
Strukturkalimat
|
Strukturkalimat yang digunakansangattepat
|
3
|
30
|
Strukturkalimat yang digunakancukuptepat
|
2
|
|||
Strukturkalimat yang digunakanbelumtepat
|
1
|
|||
2
|
Mufrodat
|
Mufrodat
yang digunakansangattepat
|
4
|
40
|
Mufrodat
yang digunakancukuptepat
|
3
|
|||
Mufrodat
yang digunakanbelumtepat
|
2
|
|||
Mufrodat
yang digunakantidaktepat
|
1
|
|||
3
|
Ketepatanpenulisan
|
Penulisansangattepat
|
3
|
30
|
Penulisanbelum tepat
|
2
|
|||
penulisankurang tepat
|
1
|
Pedoman Penilaian
Skor perolehan
Nilai _________________X 100
Skor
maksimal
Gresik,……………..2019
Mengetahui,
Kepala
Madrasah, Guru Mata Pelajaran
----------------------- --------------------------
untuk mendownwnloadnya klik RPP Bahasa Arab Qiro'ah Kelas 7 Ganjil