RPP Bahasa Arab Istima' kelas 7 Ganjil K13 Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN : MTs. IHYAUL ULUM DUKUN GRESIK
MATA
PELAJARAN : Bahasa Arab
KELAS/SEMESTER : VII / Ganjil
MATERI
POKOK :التعريف بالنفس وبالعاملين في
المدرسة
MAHAROH :استماع
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 menit
ALOKASI
WAKTU : 2 x 40
|
A.KOMPETENSI INTI
1.
Kompetensi Inti (KI 1):
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Kompetensi Inti (KI 2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4.
Kompetensi Inti (KI 4):
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
skolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
|
2.1. Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat
bahasa Arab yang berkaitan dengan
At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, baik secara lisan maupun tertulis (Istima’)
|
3.1.1. Melafalkan bunyi kata, frasa dan tulisan
yang diperdengarkan tentang topik At-Ta’rif
binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah
3.1.2. Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa
dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
tentang topik At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah
3.1.3. Memperagakan bunyi
kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah
3.1.4.Menunjukkan
gambar sesuai bunyi kata,
frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah
mengikuti pembimbingan melalui pemberian uswah peserta didik dapat
membiasakan sikap menghayati
nilai-nilai agama dengan benar dan khidmad
2.
Setelah mengikuti pembimbingan melalui pengamatan dan pemberian
contoh, peserta didik dapat membiasakan perilaku yang sopan dalam
kehidupan sehari-hari dengan baik dan meyakinkan
3.
Setelah mengikuti pembelajaran melalui ceramah dan tanyajawab ,
peserta didik dapat Melafalkan bunyi
kata, frasa dan tulisan yang diperdengarkan tentang topik At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah dengan benar dan lengkap.
4.
Setelah mengikuti pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta
didik dapat Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa
Arab yang diperdengarkan tentang
topik At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina
Fil Madrasah dengan percaya diri, dan benar
5.
Setelah mengikuti pembelajaran melalui ceramah dan tanyajawab, peserta
didik dapat Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
diperdengarkan tentang topik At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah dengan baik dan benar
6.
Setelah mengikuti pembelajaran melalui ceramah dan tanyajawab, peserta
didik dapat Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
diperdengarkan tentang topik At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah dengan berani dan benar.
7.
Setelah mengikuti pembelajaran melalui modelling peserta didik
dapat Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
diperdengarkan tentang topik At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah dengan benar dan meyakinkan.
D.MATERI
PEMBELAJARAN
1. التعريف بالنفس مع اصحابهم في الفصل
2. التعريف
بالنفس مع رفيق المكتب
3. التعريف
بالنفس مع العاملين في المدرسة
4. ضمائر
المفرد : هو ، هي
، أنت ، أنت ، أنا ، نحن.
5. اسم
إشارة : هذا ، هذه ، ذلك ، تلك
6. جملة
مفيدة : جملة اسمية (مبتدأ و خبر )
E.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : kooperatif
3. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Penugasan, Unjukkerja (Ekspositori )
F.
MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media: video, laptop, LCD
2.
Sumber Pembelajaran: Buku paket, Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet.
G.LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
·
Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu peserta didik
memimpin doa
·
Guru mengabsensi peserta didik sambil menanyakan kabar
·
Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
·
Guru mempersiapkan fisik dan psikis
peserta dudik melalui senam otak/nyanyi
·
Guru menjelaskan tujuan mempelajari
materi dan kompetensi yg akan dicapai
·
Guru menjelaskan langkah yang akan
dilaksanakan selama proses pembelajaran
·
Guru membentuk kelompok diskusi secara hiterogen dan seimbang
b.
Kegiatan Inti ( 50 menit)
* Mengamati
dengan teliti
1. Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan
kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang
At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah,
2. Siswa menirukan pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3. Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks
gambar yang disajikan
* Menanya dengan
santun
1. Siswa melakukan tanya jawab dengan
menggunakan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab tentang At-Ta’rif binnafsi wa bil
‘Amiliina Fil Madrasah, baik secara individu kelompok
2. Siswa menanyakan materi tentang At-Ta’rif
binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, yang belum dipahami
* Mencoba dengan
penuh semangat
1. Siswa melafalkan materi tentang At-Ta’rif
binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah,
2. Siswa menunjukkan gambar/peragaan sesuai
dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siswa
melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan
* Menalar
dengan terampil
1. Siswa
menjawab pertanyaan tentang gambar dengan bahasa Arab yang tepat
2. Siswa menunjukkan gambar sesuai dengan kata,
frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa
dan kalimat yang diperdengarkan
* Mengkomunikasikan
dengan percaya diri dan tanggung jawab.
1. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai
dengan gambar
2. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab
tentang gambar beserta artinya.
3. Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa
dan kalimat yang diperdengarkan.
TUGAS TERSTRUKTUR
1. Memperhatikan arahan guru
2. Menyiapkan perlengkapan latihan sesuai
instruksi
3. Siswa melafalkan bunyi (kata, frasa dan
kalimat) yang diperdengarkan.
4. Memilih jawaban yang tepat dari pilihan yang
tersedia sesuai kata, frasa atau kalimat yang diperdengarkan oleh guru baik
langsung atau tidak langsung (rekaman)
5. Siswa memperagakan sesuai dengan bunyi
(kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan
6. Siswa memilih/menunjukkan gambar sesuai dengan bunyi (kata, frasa dan kalimat) yang
diperdengarkan
TUGAS
TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan mendengarkan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita
berbahasa Arab dari media elektronik (radio, TV, Internet dll).
c.
Penutup ( 10 menit):
o Guru mengadakan
refleksi hasil pembelajaran
o Guru mengajak
peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
o Guru mengadakan
tes secara langsung dengan soal yang sudah
disiapkan
o Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
o Guru memberikan
pesan-pesan moral terkait dengan penanaman sikap Ki 1
dan Ki 2
o Guru mengajak
berdoa dengan Doa Akhir Majlis (Kafarotul Majlis) dilanjutkan
dengan salam dan berjabat tangan dengan seluruh siswa
H.PENILAIAN
1. TES TULIS BENTUK URAIAN
a.
Sebutkan 20
mufrodat yang telah diperdengarkan!
b.
Tulislah
mufrodat sesuai dengan gambar berikut ?
c.
Jawablah pertanyaan
sesuai dengan ungkapan yang telah di perdengarkan!
Kunci jawaban:
a.
1. ألسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ 11.
نَاظِرُ المَدْرَسَةِ
2. وَعَلَيْكُمُ السَّلاَم
وَرَحْمَةُ اللهِ 12. أَنْتِ
طَالِبَةٌ
3. تِلْمِيْذٌ ج
تَلاَمِيْذُ 13.
هذا فصل
4. تِلْمِيْذَةٌ 14.
مَنْ هَذَا؟
5. طَالِبَةٌ 15.
اِسْمِي أَحْمَدُ
6. مُدَرِّسٌ، مُدَرِّسَةٌ 16.
أنتَ طَالِبٌ
7. هَذَا طَالِبٌ 17. هِيَ طَالِبَةٌ
8. هَذِهِ طَالِبَةٌ 18. أَنا طَالِبٌ
9. هَذَا صَدِيْقِي 19.
هُوَ طَالِبٌ
10. هَذِهِ صَدِيقَتِي 20.
هو سَائِقٌ
b.
مِمْسَحَةٌ
|
مِسْطَرَةٌ
ج مَسَاطِيْرُ
|
دَفتَر
الحُضُور
|
سَبُّوْرَةٌ
|
مُثَلَّثٌ
|
مِحْفَظَةٌ
|
دَفْتَرٌ
ج دَفَاتِر
|
مِرْسَمٌ
ج مَرَاسِم
|
مِقْلَمَةٌ
|
قَلَمٌ
ج أَقْلاَمٌ
|
كِتَابٌ
ج كُتُبٌ
|
مَكْتَبٌ
ج مَكَاتِبُ
|
حَقِيْبَةٌ
ج حَقَائِبُ
|
طَلاَّسَةٌ
ج طَلاَّسَاتٌ
|
قِرْطَاسٌ
ج قَرَاطِيْسُ
|
كُرْسِيٌّ
جكَرَاسِيّ
|
خَرِيْطَةٌ ج خَرَائِطُ
|
كُرّاسَة التَّمرِينَات
|
c.
.السَّلامُ عَليْكُمْ وَرَحْمَةُ الله.
أَنَا طَالِبٌ ، اسمِي حَسَن. وَهَذَا أَحمد، هُوَ طَالِب ، هُو صَدِيقي
أَنا طَالِبَة، اسمِي عَائِشَة. وَهذِه فَوزِيَة ، هِيَ طَالِبَة، هِيَ
صَدِيقَتِي
مَنْ هَذَا؟ هَذَا الأُستاذ سُلَيْمَان، هُوَ مُدَرِّس
مَن هَذِه؟
هَذِه الأُستاذة فاطِمة، هِي مُدَرِّسَة
أنتَ أَخِي يَا
إلياس، وأنتِ أُختِي يا زَينَب
أَجِبْ هَذِهِ اْلأَسْئِلَةِ الآتِيةِ مُنَاسِبَةً بِالْقِراءَةِ السَّابِقَةِ
!
1.
مَنْ حَسَن؟ ... .
2.
مَن صَدِيق حَسَن؟ ... .
3.
هَلْ فَوزية طالبة؟ ... .
4.
مِن أين سَليمة؟ ... .
5.
مَنْ الأُستاذ سُلَيْمَان؟ ... .
Penskoran:
skor 3 jika jawaban sesuai dengan kunci jawaban
skor 2 jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban
skor 1 jika jawaban tidak tepat/tidak menjawab
skor
perolehan
nilai =
------------------------- x 4
skor maksimal
2. Instrumen Unjuk Kerja Menghafalkan mufrodat yang telah diperdengarkan:
Aspek yang dinilai
|
Skor Tercapai
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Fashohah
|
Jika bacaannya sangat fasih (tidak ada kesalahan)
|
Jika bacaannya fasih (ada sedikit kesalahan dalam pengucapan)
|
Jika bacaannya kurang fasih (50 % bacaannya fasih)
|
Jika bacaannya tidak fasih (kurang dari 25% bacaannya fasih)
|
Kelancaran
|
Jika sangat lancar (tidak terbata-bata)
|
Jika lancar (ada sedikit terbata-bata)
|
Jika kurang lancar (sebagian terbata-bata)
|
Jika tidak lancar (terbata-bata)
|
Hafal
|
Hafal seluruhnya tidak ada yang dilupakan
|
Hafal sebagaian besar ada sedikit yang
dilupakan
|
Hafal sebagian kecil dan banyak yang
dilupakan
|
Tidak ada yang dihafalkan dan malah bertingkah macam-macam
|
Skor Perolehan
Nilai =
------------------------- x 100 %=
Skor Maksimal
3.
LEMBAR
PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya
bersyukur karena dapat menghayati
nilai-nilai agama dengan benar dan khidmad
|
|
|
2
|
Saya selalu menjaga dan membiasakan perilaku yang sopan dalam
kehidupan sehari-hari dengan baik dan meyakinkan
|
|
|
3
|
Saya selalu merenungkan makna dari ayat-ayat
Al-Qur’an
|
|
|
4
|
Saya yakin b.arab akan membawa rahmat.
|
|
|
5
|
Saya selalu berdzikir utk mendekatkan diri
pada Allah
|
|
|
Skor 1 jika jawab YA, skor 0 jika jawab TIDAK
Skor Perolehan
NILAI =
------------------------- x 100 % =
Skor
Maksimal
4.
LEMBAR
PENILAIAN DIRI SIKAP SOSIAL
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan
|
|
|
2
|
Saya selalu menyanyangi semua teman
|
|
|
3
|
Saya selalu membantu teman yang mengalami kesulitan
|
|
|
4
|
Saya selalu menyapa dengan ramah dan akrab
|
|
|
5
|
Saya selalu membagi manfaat pada semua teman
|
|
|
Skor 1 jika jawab YA, skor 0 jika jawab TIDAK
Skor Perolehan
NILAI =
------------------------- x 100 % =
Skor
Maksimal
Mengetahui, Gresik, …………………2019
Kepala MTs Ihyaul Ulum Guru
Bahasa Arab
............................ ……………………...
Lampiran-lampiran RPP:
1. Diskripsi Materi Ajar…………………………………..……!
2. Lembar Kegiatan (LK)………………………………………!
3. Diskripsi Media Pembelajaran……………….……………!
4. Lembar REVIEU pembelajaran………….………………..!
5. Instrumen PENILAIAN kognitip (soal-soal)..……………!
6. Desain penugasan (Proyek)…………………………….…!
bagus