RPP Bahasa Arab 1 Lembar kelas VIII - Daring - Tema 1 الساعة

  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 1 - الساعة

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: المفردات

Kelas/Semester

: VIII/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 1)

 

A.      Kompetensi Dasar

3.1.     Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي

3.2.     Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي

4.1.  Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait dengan waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي baik secara lisan maupun tulisan

 

 

4.2.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema الساعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي

 

B.      Indikator Hasil Pembelajaran

1.     Peserta didik dapat melafalkan kosakata (المفردات)tentang الساعة

2.     Peserta didik dapat menghafal kosakata (المفردات) tentang الساعة

C.      Tujuan Pembelajaran

1.       Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik mampu melafalkan kosakata dari beberapa mufradat yang berkaitan dengan tema الساعةdenganbenar

2.       Melalui pembelajaran kosakata (المفردات), peserta didik mampu menghafal kosakata dari beberapa mufradat yang berkaitan dengan tema الساعةdengan baik

D.     Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas VIII KMA 183 Tahun 2019halaman 4

E.       Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

3.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

1.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi E-Learning Bahasa Arab

2.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.       Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

4.       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

2.       Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.       Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

4.       Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

F.       Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab.

 

Mengetahui,                                                                                                      Dukun, 15 Juli 2020

Kepala Madrasah,                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………………………                                                                                ……………………………………………..

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 1 –الساعة

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: الحوار

Kelas/Semester

: VIII/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 2)

 

A.      Kompetensi Dasar

6.1.     Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي

6.2.     Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي

4.3.  Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait dengan waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي baik secara lisan maupun tulisan

 

 

4.4.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema الساعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي

 

B.      Indikator Hasil Pembelajaran

1.       Peserta didik dapatmenganalisisالحوار (percakapan)

2.       Peserta didik dapatmenerjemahkanالحوار (percakapan)

C.      Tujuan Pembelajaran

3.       Dengan mempelajari الحوار (percakapan), peserta didik mampu menganalisis teks tersebut yang berkaitan dengan tema الساعة dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

4.       Dengan mempelajari الحوار (percakapan), peserta didik mampu menerjemahkan teks tersebut yang berkaitan dengan tema الساعة dengan baik.

D.     Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas VIII KMA 183 Tahun 2019 halaman 6

E.       Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

4.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

5.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

6.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

5.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

6.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

7.       Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

8.       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

5.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

6.       Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

7.       Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

8.       Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

F.       Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                                      Dukun, 15 Juli 2020

Kepala Madrasah,                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………………………                                                                                ……………………………………………..

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 1 –الساعة

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: التراكيب

Kelas/Semester

: VIII/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 3)

 

G.      Kompetensi Dasar

9.1.     Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي

9.2.     Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي

4.5.  Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait dengan waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي baik secara lisan maupun tulisan

 

 

4.6.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema الساعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي

 

H.     Indikator Hasil Pembelajaran

3.       Peserta didik dapat menganalisis التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab)

4.       Peserta didik dapatmenyusun kalimat bahasa Arab sesuai dengan التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab)

I.        Tujuan Pembelajaran

5.       Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab), peserta didik mampu menganalisis teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الساعة dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

6.       Dengan mempelajari التراكيب (Tarkib/Kaidah Bahasa Arab), peserta didik mampu mengklasifikasikan jenis isim dalam teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الساعة dengan baik.

J.       Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas VIII KMA 183 Tahun 2019 halaman 9 -10

K.      Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

7.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

8.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

9.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

9.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

10.    Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

11.    Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

12.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

9.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

10.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

11.    Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

10.    Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

L.       Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                                      Dukun, 15 Juli 2020

Kepala Madrasah,                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………………………                                                                                ……………………………………………..

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 1 –الساعة

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: القراءة

Kelas/Semester

: VIII/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 4)

 

M.    Kompetensi Dasar

12.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي

12.2. Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي

4.7.  Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait dengan waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي baik secara lisan maupun tulisan

 

 

4.8.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema الساعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي

 

N.     Indikator Hasil Pembelajaran

5.       Peserta didik dapat membaca teks qiroah yang berkaitan dengan materi الساعة

6.       Peserta didik dapatmengkategorikan jenis isim dan fi’il dari teks qiroah yang berkaitan dengan materi الساعة

O.     Tujuan Pembelajaran

7.       Peserta didik dapat membaca teks qiroah yang berkaitan dengan materi الساعة dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

8.       Peserta didik dapatmengkategorikan jenis isim dan fi’il dari teks qiroah yang berkaitan dengan materi الساعة dengan baik dan benar.

P.      Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas VIII KMA 183 Tahun 2019 halaman 14

Q.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

11.    Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

12.    Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

13.    Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

13.    Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

14.    Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

15.    Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

16.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

12.    Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

13.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

14.    Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

14.    Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

R.      Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                                      Dukun, 15 Juli 2020

Kepala Madrasah,                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………………………                                                                                ……………………………………………..

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(DARING)

Nama Madrasah

: MTs. Ihyaul Ulum

MateriPokok

:BAB 1 –الساعة

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: الكتابة

Kelas/Semester

: VIII/Ganjil

AlokasiWaktu

: 3 x 40 menit (pertemuan ke – 5)

 

S.       Kompetensi Dasar

15.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي

15.2. Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي

4.9.  Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait dengan waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي baik secara lisan maupun tulisan

 

 

4.10.           Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema الساعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي

 

T.      Indikator Hasil Pembelajaran

7.       Peserta didik dapatmenulis jadwalpelajaran dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan materi الساعة

8.       Peserta didik dapatmenyusun jadwal pelajaran dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan materi الساعة

9.       Peserta didik dapat menyempurnakan teks qiroah dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan materi الساعة

U.      Tujuan Pembelajaran

9.       Peserta didik dapat menulis jadwal pelajaran dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan materi الساعة dengan baik

10.    Peserta didik dapatmenyusun jadwal pelajaran dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan materi الساعة secara tersusun

11.    Peserta didik dapat menyempurnakan teks qiroah dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan materi الساعة dengan benar

V.      Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Revisi Kelas VIII KMA 183 Tahun 2019 halaman 16-17

W.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

15.    Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

16.    Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

17.    Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, maupun E-Learning Bahasa Arab

Inti :

17.    Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam bentuk E-Learning Bahasa Arab

18.    Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

19.    Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab

20.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

15.    Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

16.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

17.    Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

18.    Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

X.      Penilaian

Tes online dengan mengisi soal tadrib pilihan ganda, isian maupun essai dalam bentuk google form yang sudah disediakan dalam website maupun aplikasi E-Learning Bahasa Arab

 

Mengetahui,                                                                                                      Dukun, 15 Juli 2020

Kepala Madrasah,                                                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

…………………………………………                                                                                ……………………………………………..

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url