Bacaan Nuzulul Quran dan Dua Hari Raya

Bacaan Nuzulul Quran dan Dua Hari Raya - نزول القران والعيدان



Sahabat Gudang Arab yang Budiman Artikel Kali ini mengupas tentang Maharotul Qiroah atau keterampilan membaca yang ada di Kitab Bahasa Arab kelas 9 Sembilan Kurikulum K13 dengan KSKK 2022.

Teks Bacaan Bahasa Arab Kali ini terdapat pada Pelajaran ke 3 Tiga Kebetulan ada 2 Dua Tema ,

Tema Pertama Nuzulul Quran

Tema Kedua Dua Hari Raya


نُزُوْلُ القُرْآنِ

Turunya Nuzul Qur'an  (Turunya Wahyu Al Quran)

نزَلَ القُرْآن عَلىَ النَّبِيِّ مُحَمّدٍ صَلّى اللّهُ عليه وسَلَّمَ فِي غَارِ حِرَاءٍ، وَ كَانَ عُمرُهُ أَرْبَعِيْنَ سَنَة كَانَ النَّبِيُّ محمّدٌ يَخْلُو بِنَفْسِهِ في الغَارِ ويَتَعَبَّدُ الله فِيه بِمَا بَقِي مِنْ دِيْن إِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلام، ثُمّ نزل علَيْه جبريل بِالْوَحْي وأَمَرَهُ بالقِرَاءَة. و كَانَ ذلِكَ فِي اللَّيْلَةِ السَّابِعَةَ عشرةَ مِنْ شَهْرِ رَمَضَان.


قَالَ جِبْريل لِمُحَمَّدٍ صَلّى اللّه عَليْهِ وسَلّم : اِقْرَأْ ، فقال مُحَمَّد : مَا أَنَا بِقَارِيَّ، لأَنَّ مُحمّد كاَنَ أُمَيَّا). فقال جِبرِيْلُ: اقْرَأْ، فَقَالَ مُحَمَّدٌ: ما أنَا بِقَارِي ثم قال جبريل : ﴿ إِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الّذِيْ خَلَقَ (۱) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقَ (۲) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأكْرَم (۳) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمُ (٤) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمُ (٥)).


وَهَذهِ الآياَتِ هِي أوَّلُ مَا نَزَلَ مِنَ القُرْآنِ عَلى النّبِي محمد صلى الله عليه وسلم. واسْتَمَرَّ نُزُول القُرآن الكَرِيم عَلى النَّبي ۲۳ سنةٍ ، ۱۳ سنةٍ في مكّةَ و ١٠ سَنَوَاتٍ في المَدِينَة


Turunya Wahyu Al-Qur'an


Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, di Gua Hira, beliau berumur empat puluh tahun, Nabi Muhammad SAW sering mengasingkan diri di dalam gua tersebut dan beribadah kepada Allah di sana dengan menggunakan Syariat Agama Nabi Ibrahim as, kemudian Jibril turun ke atasnya di Al-Lukhi dan memerintahkannya untuk Membaca. Ini terjadi pada malam ketujuh belas bulan Ramadhan.


Jibril berkata kepada Nabi Muhammad SAW. Bacalah, dan Nabi Muhammad pun berkata: Saya tidak bisa membaca, karena Muhammad buta huruf. Maka Jibril berkata kembali: Bacalah, dan Nabi Muhammad pun mengulang kembali Perkataanya: Aku tidak dapat membaca. Lalu Jibril  membacakan Ayat: {Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan (1) Dia menciptakan manusia dari segumpal darah (2) Bacalah dan Tuhanmu Maha Pemurah ( 3) Siapa yang di atas Melalui pena (4) Dia mengajari manusia apa yang tidak diketahuinya (5) ).


Ayat-ayat ini adalah yang pertama diturunkan dari Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW, Wahyu Al-Qur'an turun kepada Nabi Muhammad selama 23 tahun, 13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah. 


عِيْدُ الفِطْرِ وَعِيْدُ الأضْحٰى

Hari Raya Idul Fitri dan Adha

للمُسْلِمِين عِيْدَان هُما عِيْدُ الفِطْر في الأَوَّل مِنْ شَهْرٍ شَوالٍ، وعِيْدُ الأَضْحَى فِي العَاشِرِ مِنْ شَهْر ذِي الحجة. في عِيْدِ الفِطْرِ يُصَلِّي المُسْلِمُون صَلَاةَ العيد في المساجد أو في الميَادِين، ثُمَّ يَزُورُون الأقَارِب والجِيرَان ليَصِلُوا الرَّحِم ويَسْأَلُوا العَفْو مِنْهُم مِن الخَطَأ والتَقْصِير. وفي عِيْد الأَضْحَى بَعْدَ صَلَاةِ عِيْد الأضحى، يَذْبَحُ المُسْلِمُون الأضاحي تَقَرُّبًا لله، فَيأكُلُونَ مِن لَحْمِ الأُضْحِية، ويُهْدُونَ مِنْها للأقارب والأصْدِقاء، ويَتَصَدَّقون مِنْها عَلَى الفُقَرَاء وَالْمَسَاكِيْن


Idul Fitri dan Idul Adha


Umat ​​Islam mempunyai dua hari raya: Idul Fitri pada tanggal satu bulan Syawal, dan Idul Adha pada tanggal sepuluh bulan Dzulhijjah. Pada hari raya Idul Fitri, umat Islam melaksanakan salat Idul Fitri di masjid atau di alun-alun, kemudian mereka mengunjungi kerabat dan tetangga untuk berdoa memohon ampun dan memohon ampun kepada mereka atas kesalahan dan kelalaiannya. Pada hari Idul Adha, setelah salat Idul Adha, umat Islam menyembelih hewan kurban sebagai persembahan kepada Tuhan, daging kurbannya dimakan, diberikan sebagai oleh-oleh kepada sanak saudara dan sahabat, serta disumbangkan kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url